Perbedaan-Perbedaan Gojek dan Grab yang Harus Anda Ketahui

gojek-vs-grab

Kepopuleran mode transportasi ojek online kini tengah melanda seluruh wilayah di Indonesia. Meskipun pada awalnya hanya ada di beberapa daerah saja, seiring banyaknya pengguna yang kian meningkat menjadikan profesi ojek online kian diminati. Ada dua perusahaan ojek online terbesar yang ada di Indonesia, yakni Gojek dan Grab. Lalu, apakah ada perbedaan Gojek dan Grab?

Bagi orang awam dan pengguna baru, mungkin kadang mengalami kesalahan pengertian mengenai Gojek dan Grab. Karena merupakan dua perusahaan yang berbeda, tentu keduanya memiliki ciri khas masing-masing dan memiliki beberapa perbedaan dan juga kesamaan. Agar Anda tidak lagi bingung dengan keduanya, simak ulasannya di bawah ini.

Perbedaan Gojek dan Grabyang Harus Anda Ketahui

Aplikasi Gojek dan Grab sama-sama identik dengan warna hijau, baik pada aplikasi maupun atribut para pengendaranya. Dengan adanya hal ini, tak jarang para konsumen sering keliru membedakan keduanya, bahkan ada yang menganggap keduanya sama.

  1. Gojek

Berikut beberapa spesifikasi Gojek yang perlu Anda ketahui.

  1. Memiliki 13 Layanan

Sampai dengan saat ini, Gojek memiliki layanan sebanyak 13 layanan yang ditawarkan kepada para penggunanya. Layanan-layanan tersebut bisa jadi bertambah seiring berjalannya waktu dan kebutuhan yang berkaitan dengan ojek online semakin banyak.

13 layanan Gojek yang tersedia di aplikasi, antara lain:

  • Go – Ride
  • Go – Car
  • Go – Busway
  • Go – Food
  • Go – Send
  • Go – Tix
  • Go – Mart
  • Go – Clean
  • Go – Box
  • Go – Blam
  • Go – Med
  • Go – Auto
  • Go – Massage

Layanan besutan Nadiem Makarim ini telah memiliki ratusan ribu driver yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi ini telah berhasil menjadi aplikasi ojek online nomor satu di hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia.

  • Pemberlakuan Jam Sibuk

Pada jam-jam sibuk yang diberlakukan Gojek, tarif akan menjadi sedikit lebih mahal dari jam yang lain. Adapun jam-jam sibuk atau rush hour yang ditetapkan antara lain pukul 06.00 – 09.00 pagi, dan 16.00 – 19.00 sore. Kenaikan tarif bisa mencapai Rp5.000,00 sekali perjalanan.

  • Promo dan Go – Pay

Meskipun terdapat jam-jam sibuk yang ditetapkan, Gojek juga menawarkan banyak diskon dan voucher promo layanan. Kebanyakan promo yang ada sekarang ini, bisa Anda dapatkan dengan melakukan pembayaran perjalanan menggunakan Go – Pay. Go – Pay merupakan metode pembayaran elektronik yang dimiliki Gojek untuk memudahkan penggunanya.

Selain bisa digunakan untuk melakukan pembayaran perjalanan dengan Go Ride maupun Go Car, Go – Pay juga bisa digunakan untuk transaksi layanan yang lainnya. Menggunakan Go – Pay dinilai lebih murah dan praktis, terlebih jika Anda tidak memiliki uang cash untuk membayarnya.

Selain digunakan untuk pembayaran perjalanan dan layanan Gojek, Go – Pay ternyata juga bisa digunakan sebagai uang elektronik untuk membayar segala transaksi fisik yang dilakukan di toko terdaftar. Untuk membayar dengan menggunakan Go – Pay, Anda akan diminta melakukan scan QR code yang tersedia di toko terdaftar.

  • Plat Nomor untuk Driver

Meski sebelumnya plat nomor driver belum tercantum pada saat melakukan pemesanan perjalanan, sekarang ini sudah tersedia. Plat nomor yang dicantumkan pada saat menemukan calon driver sangat berguna bagi penumpang, agar driver bisa dikenali dengan mudah.

Meskipun begitu, masih ada juga pengemudi yang membawa kendaraan dengan plat nomor yang tidak sama dengan plat yang terdaftar sebelumnya. Hal ini bisa saja dilakukan karena beberapa alasan, seperti motor yang terdaftar sedang rusak, atau yang lainnya.

  • Produk Asli Indonesia

Gojek adalah produk asli buatan anak bangsa yang kini juga sudah melebarkan sayapnya ke berbagai negara di Asia Tenggara. Beberapa negara yang sudah memiliki akses Gojek antara lain Malaysia, Vietnam, serta Thailand.

  • Fitur Komunikasi

Perbedaan Gojek dan Grab selanjutnya ada pada fitur komunikasi yang digunakan. Untuk berkomunikasi dengan pengendara, penumpang harus menggunakan komunikasi di luar aplikasi. Artinya, penumpang atau driver membutuhkan biaya tambahan di luar aplikasi Gojek untuk dapat menghubungi satu sama lain dan nomor penumpang bisa diketahui driver atau sebaliknya.

  • Grab

Seperti halnya Gojek, Grab juga memiliki ciri khas yang membedakannya dengan aplikasi ojek online yang lainnya. Beberapa spesifikasi aplikasi Grab yang perlu Anda ketahui untuk bisa membedakannya dengan pesaingnya, yakni Gojek.

  1. Memiliki 7 Layanan

Tidak seperti Gojek, layanan yang dimiliki Grab hingga saat ini masih lebih sedikit, yakni hanya 7 buah layanan.

7 layanan Grab tersebut, antara lain:

  • Grab Bike
  • Grab Car
  • Grab Taxi
  • Grab Taxi Promo
  • Grab Express
  • Grab Hitch
  • Grab Food

Mungkin akan bertambah lebih banyak lagi seiring berjalannya waktu, sejalan dengan kebutuhan penumpang akan layanan ojek online. Seperti halnya Gojek, Grab sekarang juga sudah ada di hampir seluruh wilayah Indonesia, mengingat banyaknya minat konsumen dengan ojek online yang praktis.

  • Produk Singapura

Grab merupakan perusahaan ojek online yang dipimpin oleh Anthony Tan, seorang warga negara Singapura. Karena memang bukan produk asli Indonesia, sudah barang tentu Indonesia bukan menjadi negara pertama yang menggunakan layanan Grab.

Grab sudah tersedia di banyak negara, khususnya di Asia Tenggara, meliputi Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Filiphina, Thailand, dan Kamboja.

  • Jam-Jam Sibuk

Sama seperti Gojek, Grab juga memberlakukan kenaikan tarif di jam-jam sibuk. Di jam-jam tersebut biasanya ada  banyak pesanan yang masuk karena puncaknya banyak aktivitas. Jam-jam sibuk Grab juga sama dengan Gojek, yakni pagi mulai pukul 06.00 – 09.00 dan sore mulai pukul 16.00 – 19.00.

  • Promo dan OVO

Grab menawarkan banyak promosi dan diskon besar-besaran yang bisa konsumen dapatkan. Tak hanya promo perjalanan, promo-promo lain seperti Grab Food dan Grab Express juga bisa didapatkan di waktu dan periode tertentu.

Untuk pembayaran elektronik, Grab menggunakan OVO yang juga memiliki banyak diskon perjalanan agar lebih murah.

  • Fitur Komunikasi

Komunikasi pengendara dengan pengemudi jauh lebih mudah di aplikasi Grab, karena berada di satu aplikasi. Artinya, baik pengguna dan pengendara tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk berkomunikasi. Selain itu, nomor telepon pengguna juga lebih aman karena tidak terekspos oleh siapa pun.

  • Plat Nomor Driver

Ketika Anda melakukan pemesanan perjalanan, Anda bisa dengan mudah menjumpai plat nomor pengendara karena sudah tercantum di dalamnya. Selain itu, perbedaan driver Gojek dan Grab bisa dikenali dengan mudah dengan logo Grab yang mudah dikenali, yakni logo tombol power (logo terbaru).

Ketatnya peraturan yang diterapkan Grab juga menjadikan pengendaranya lebih disiplin dalam mengenakan atribut untuk menandakan statusnya sebagai driver Grab.

Perbedaan tarif Gojek dan Grab juga tidak terlalu banyak, karena masing-masing aplikasi sudah memberlakukan tarif minimal perjalanan terdekat. Tarif bisa saja mengalami kenaikan, selain di jam-jam sibuk, memesan layanan pada kondisi tertentu juga dapat menaikkan tarif.

Perbedaan Gojek dan Grabyang telah dipaparkan di atas memberikan konsumen beberapa gambaran. Setiap aplikasi tentu memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tetapi kekurangan tersebut tentu akan menjadi bahan evaluasi para pengembangnya agar menjadi lebih baik ke depannya.

Sarah Oktafiani
Bagikan artikel ini jika bermanfaat

Tulis komentar...

Scroll to top