Peluang Investasi Logam Selain Emas

Peluang Investasi Logam Selain Emas

Banyak orang melupakan bahwa banyak unsur logam yang terdapat di dunia. Dan banyak juga yang melupakan bahwa terdapat logam lain yang cukup populer dalam bidang industri yang dipergunakan selain logam mulia bernama emas.

Perak adalah sebuah logam yang mendampingi emas yang dikenal dengan nama kimia Argentum sebenarnya adalah sebuah logam yang justru di dunia secara historis mampu bergerak lebih tinggi dibandingkan pergerakan harga emas secara persentase.

Perak ditambang semenjak tahun 1546 di Peru, Bolivia dan Mexico. Dengan produsen terbesar pada perak di dunia adalah China, Australia, Chile, Poland dan Serbia.

Perak yang digunakan dalam bidang komersial akan memiliki nilai jual yang baik adalahdengan kadar kemurnian 99.9% sedangkan untuk kadar termurni dari perak adalah 99.999%.

Namun pangsa pasar investasi perak di Indonesia secara lantakan atau batangan memang perlu diakui masih sangat minim, dimana pada saat ini yang mencetak lantakan dari perak adalah perusahaan Aneka Tambang dan masih memiliki selisih harga beli dan jual yang jauh.

Pada pangsa internasional perlu kita ketahui bahwa pergerakan dan perdagangan perak tidak kalah ramai diperdagangkan seperti logam mulia emas.

Secara historis pergerakan emas pada pasar internasional yang diwakili dengan kode perdagangan emas dunia yaitu XAU/USD dan perak yang diwakiliki dengan kode perdagangan XAG/USD ternyata memiliki rekam historis yang cukup menarik. Pada kenaikan harga emas dalam kurun tahun 2002 hingga tahun 2012, pergerakan perak memiliki nilai imbal hasil yang lebih tinggi pada pasar internasional.

Kondisi dari perdagangan emas maupun perak juga perlu kita ketahui bahwa dua logam tersebut adalah sebuah sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, sehingga secara nilai dalam kondisi masa yang akan datang akibat keterbatasan jumlah di dunia maka potensi pertumbuhan atas nilai dari logam akan bisa mengalami peningkatan.

Disamping itu khusus pada pangsa pasar perak, juga dapat kita ambil sebuah kesempatan karena pangsa pasar pelakunya yang masih sedikit peminat membuat potensi investasi pada logam perak menjadi cukup menjanjikan.

Secara perdagangan diawal tahun 2016, dapat kita perhatikan bahwa potensi pergerakan perak dunia berpotensi untuk mengalami penguatan secara 1 tahunan karena perak juga sedang bernasib sama dengan emas mengalami penurunan terendah selama 5 tahun terakhir.

Perak pada tahun 2016 berpotensi untuk bisa bergerak naik dengan rentang harga 17.5 hingga 21.5 dolar per troy ounce.

Salah satu yang dapat menyebabkan permintaan perak di dunia akan lebih menjanjikan adalah karena penggunaan perak pada dunia industri adalah sebuah kebutuhan pokok bahan baku industri yang penggunaannya lebih besar dibandingkan logam emas.

Salah satu ancaman pergerakan harga logam dan termasuk perak sepanjang tahun 2016 kedepan adalah ancaman pelemahan industri dan perekonomian global.

Investasi memerlukan sebuah diversifikasi, dan dengan mulai mengenal instrument fisik lainnya bukan hanya emas dapat memberikan sudut pandang baru.

Leave a Reply