6 Cara Mengatasi Download Tertunda Saat Install Aplikasi di Play Store

6 Cara Mengatasi Download Tertunda Saat Install Aplikasi Di Play Store

Mengunduh aplikasi melalui Google Play Store memang mudah dan praktis dan lebih aman dibandingkan dengan download melalui mesin pencarian Google. Namun, Anda tentu pernah merasa kesal dengan tertundanya download aplikasi di Play Store. Anda tak perlu khawatir, masalah ini dapat di atasi dengan cara mengatasi download tertunda di Play Store yang akan dijelaskan berikut ini.

Permasalahan tersebut tentu tidak bisa ditebak kapan datangnya, karena proses tersebut dialami secara tiba-tiba saat akan mengunduh sebuah aplikasi. Sebelum melangkah ke pembahasan mengenai cara mengatasi tertundanya proses unduhan di Play Store, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab download tertunda.

Kenapa Download Tertunda di Google Play?

Saat akan mendownload aplikasi di Play Store namun terdapat tulisan “download tertunda”, pasti Anda bertanya-tanya apa penyebab itu terjadi, bukan? Ada beberapa penyebab download tertunda di Play Store yang harus Anda kenali agar Anda dapat mengatasinya sesuai dengan masalah yang terjadi.

Beberapa penyebab download aplikasi tertunda antara lain:

  1. Koneksi Internet Buruk

Untuk mendownload aplikasi di Play Store memerlukan koneksi internet yang baik, terlebih jika Anda mengunduh aplikasi dengan ukuran yang lumayan besar. Adanya penundaan pada proses download aplikasi di Play Store bisa jadi disebabkan karena koneksi internet pada ponsel Anda mengalami masalah alias buruk.

  1. Sedang Download Aplikasi Lain

Terkadang, Play Store akan secara otomatis melakukan pembaruan untuk aplikasi lama yang sudah terinstal pada smartphone Anda. Ketika Anda mengalami penundaan unduhan aplikasi di Play Store, bisa jadi Play Store sedang melakukan pembaruan aplikasi lama yang memakan waktu.

Akibatnya, aplikasi yang akan Anda download akan tertunda dan masuk ke dalam antrean bersama aplikasi yang akan di-update lainnya. Begitu juga saat mendownload aplikasi secara bersamaan, sudah dipastikan Anda akan mengalami download tertunda.

  1. Memori Penuh

Memiliki banyak aplikasi memang menyenangkan dan membantu pekerjaan, terlebih download aplikasi rata-rata tidak memerlukan biaya. Namun, terlalu banyak memasang aplikasi dapat menyebabkan memori internal menjadi penuh dan mengganggu kinerja smartphone Anda.

Hal ini bisa Anda temukan saat mendownload aplikasi di Play Store. Download yang tertunda bisa jadi disebabkan karena memori internal ponsel yang sudah penuh atau tidak cukup untuk menampung memori aplikasi yang akan Anda unduh.

Kondisi ini banyak dialami para pengguna Android, terutama pada ponsel yang memiliki spesifikasi terbatas.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store Agar Unduhan Lancar Lagi

Berkaitan dengan masalah yang mengakibatkan adanya download tertunda di Play Store, Anda harus mengenali terlebih dahulu apa penyebabnya. Terdapat beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan lalu lintas download agar bisa lancar kembali.

Berikut beberapa metode yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi download tertunda di Play Store

  1. Bersihkan Cache Layanan Play Store

Kemungkinan paling besar yang dapat menyebabkan download tertunda pada saat mengunduh aplikasi di Play Store adalah karena memori penuh dengan sampah atau cache. Cache merupakan file sampah yang didapat ketika Anda mendownload aplikasi-aplikasi di Play Store. Karena file cache merupakan file sampah, maka tidak apa-apa jika Anda menghapusnya untuk mengosongkan ruang.

Untuk menghapus file cache Play Store pada ponsel Anda, berikut cara yang dapat Anda lakukan:

  • Buka menu Settings atau Pengaturan yang biasanya memiliki simbol gerigi.
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi Apps untuk melihat aplikasi apa saja yang ada di ponsel Anda.
  • Cari aplikasi Google Play Store lalu pilih opsi Penyimpanan.
  • Hapus file cache yang memenuhi ruang memori dengan klik Hapus Data atau Hapus Memori aplikasi Play Store.
  • File cache sudah terhapus.
  1. Memperbaiki Jaringan

Selain faktor memori, faktor jaringan juga sangat memengaruhi kelancaran download aplikasi di Play Store. Jika Anda mengunduh aplikasi dalam ukuran yang besar, maka jaringan Anda harus stabil dan kuota Anda memenuhi di samping memori internal yang tersedia haruslah mencukupi.

Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukannya dengan mengubah ke mode pesawat. Tunggu selama beberapa menit lalu matikan mode pesawat. Coba download kembali saat jaringan sudah normal.

  1. Beralih Mode Jaringan

Selain menggunakan mode pesawat selama beberapa saat, Anda juga bisa memperbaiki jaringan dengan mengubah mode jaringan. Pilih mode jaringan berbeda dengan yang Anda gunakan saat ini, misalnya dari seluler ke Wifi atau sebaliknya.

Jika Anda hanya menggunakan paket data internet, maka ubah ke mode Wifi lalu kembalikan lagi ke mode data seluler. Memutus sebentar jaringan yang Anda gunakan dapat mengembalikan kestabilan jaringan.

  1. Update Play Store

Jika beberapa cara sebelumnya tidak mempan untuk mengatasi download Play Store yang tertunda, bisa jadi masalahnya ada pada bug aplikasi Play Store versi lawas yang Anda gunakan. Bug inilah yang dapat menyebabkan download tertunda saat mengunduh aplikasi di Play Store.

Untuk menghindari bug tersebut, Anda harus meng-update aplikasi Play Store ke versi terbaru agar aplikasi Anda lebih segar. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk meng-update aplikasi Play Store ke versi terbaru adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Play Store di ponsel Anda.
  • Ketuk ikon garis tiga yang ada di sebelah pojok kiri atas.
  • Klik Setelan yang memiliki simbol gerigi.
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan opsi Versi Play Store pada grup Tentang.
  • Klik Versi Play Store untuk meng-update aplikasi Play Store ke versi yang terbaru.
  1. Hapus Beberapa Aplikasi

Aplikasi yang sudah jarang atau bahkan tidak pernah digunakan lagi akan memakan kapasitas memori internal. Jika memori internal Anda penuh, hapus atau uninstall aplikasi tersebut untuk mengosongkan ruang.

Untuk uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan, caranya adalah sebagai berikut.

  • Masuk ke menu Settings atau Setelan atau Pengaturan.
  • Scroll ke bawah hingga Anda menemukan pilihan Aplikasi atau Kelola aplikasi.
  • Ketuk menu tersebut lalu pilih aplikasi yang akan Anda uninstall.
  • Klik Uninstall untuk menghapusnya dari ponsel Anda.
  1. Install Ulang dan Reset Android

Jika cara-cara sebelumnya juga tidak kunjung berhasil, cara mengatasi download tertunda di Play Store terakhir yang bisa Anda gunakan adalah dengan melakukan penginstalan ulang aplikasi Play Store. Caranya pun cukup mudah, uninstall aplikasi Play Store dengan cara yang sudah dijelaskan pada nomor sebelumnya.

Sebelumnya, Anda harus melakukan restart agar perangkat lebih segar dan aplikasi-aplikasi dapat berjalan normal. Jika metode tersebut belum juga membuahkan hasil, maka reset ponsel Anda untuk mengembalikan ponsel ke tampilan semula.

Sayangnya, jika Anda melakukan reset, memori internal yang berisi aplikasi-aplikasi dan data-data yang pernah diunduh akan hilang. Perangkat Anda akan memiliki tampilan dan pengaturan yang sama seperti saat Anda membeli ponsel baru.

Cara mengatasi download tertunda di Play Store dapat Anda coba dari mulai yang paling ringan hingga yang paling berisiko, yakni semua data hilang. Untuk itu, pastikan aplikasi yang akan Anda unduh sangat penting atau tidak.

Fihit Li
Bagikan artikel ini jika bermanfaat

Tulis komentar...

Scroll to top