Cara Daftar Internet Bank Mandiri

Advertisement

Untuk segala jenis urusan yang berkaitan dengan transaksi perbankan, kita semua tahu bahwa internet banking memang sangat berguna. Internet banking Bank Mandiri adalah salah satu media yang tepat untuk bertransaksi digital. Cara daftar internet Bank Mandiri juga cukup praktis dan efisien.

Pemakaian smartphone oleh hampir semua orang saat ini, membuat dunia perbankan juga ikut menyesuaikan diri dengan kebutuhan masyarakat yang ada saat ini. Teknologi yang ada saat ini memang diciptakan untuk berbagai kemudahan dalam hal layanan untuk para nasabahnya.

Cara Daftar Internet Bank Mandiri dalam Dua Langkah

Anda bisa mendaftarkan rekening Bank Mandiri Anda di internet banking untuk memudahkan segala transaksi yang Anda lakukan tanpa ke Bank, dengan cara-cara berikut ini:

Advertisement

1.     Langkah Pertama: Dapatkan ID Akses

  • Melalui ATM Mandiri
  • Pertama-tama pilih dahulu menu Registrasi e-Banking dan ikuti instruksi yang ada di sana untuk membuat Access Code.
  • Kemudian buatlah ID Akses dengan memakai 16 digit angka yang ada di kartu debit ATM Mandiri yang Anda miliki.
  • Sesudah mendaftarkan kode akses tersebut maka Anda bisa datang langsung ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat untuk memperoleh token.
  • Caranya yaitu dengan mengisi formulir aplikasi token dan mengikuti instruksi yang ada di manual penggunaan token.
  • Datang Langsung ke Kantor Bank Mandiri
  • Anda bisa langsung mengisi formulir registrasi khusus e-Banking yang ada di kantor cabang terdekat dengan lokasi Anda.
  • Jika sudah mendapat email dari bank yang berupa ID Akses maka Anda bisa langsung mengambil token di kantor Bank Mandiri yang sudah Anda pilih.

2.     Langkah Dua: Mengaktifkan Token

  • Anda bisa langsung mengaktifkan Mandiri Internet dan juga token di website resmi Bank Mandiri yaitu www.bankmandiri.co.id.
  • Setelah itu masukkan kode akses dan ID Akses yang telah diterima oleh pihak bank sesudah pendaftaran, bisa dengan datang langsung ke bank atau lewat ATM saja.
  • Buatlah ID pengguna e-Banking Mandiri dengan PIN-nya supaya Anda bisa login.

Cara Daftar Internet Bank Mandiri Lewat HP Android

Tahapan dalam pendaftaran Mandiri Online melalui smartphone Android bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Download/install aplikasi Mandiri Mobile terlebih dulu di smartphone Anda melalui App Store atau Google Play.
  • Buka aplikasi Mandiri Mobile jika sudah diinstal.
  • Pada bagian menu utama Anda bisa memilih Internet Banking Mandiri, untuk segala transaksi yang dilakukan dengan jaringan internet.
  • Kemudian pilih menu Aktivasi IB Mobile BRI.
  • Nanti Anda akan menerima notifikasi lewat SMS bahwa Mandiri Mobile sudah bisa digunakan dan sudah aktif, kemudian siap digunakan untuk transaksi apa saja.

Mandiri Internet dan Mandiri Online

Saluran distribusi bank yang dipakai untuk mengakses rekening yang dimiliki oleh nasabah dengan jaringan internet, dan memakai software browser yang ada di komputer disebut dengan Mandiri internet. Bisa dipakai juga dengan cara realtime dengan akses internet dalam 24 jam penuh.

Bagaimana cara mengaksesnya pun sangat mudah, Anda hanya tinggal membuka website https://ib.bankmandiri.co.id, lalu masukkan PIN dan User ID yang Anda miliki. Sedangkan yang dimaksud dengan Mandiri online adalah layanan e-Banking dari Bank Mandiri yang juga tersedia di aplikasi mobile.

Advertisement

Ada banyak fitur yang bisa Anda nikmati di sana, yang di antaranya yaitu sebagai berikut:

  • Sistem keamanan yang berlapis.
  • Kontrol secara penuh dalam finansial.
  • Akses web dan juga aplikasi yang sudah terintegrasi.
  • Transaksi finansial yang meliputi pembelian pulsa, transfer dana, pembayaran biller, tagihan CC dan lain sebagainya.
  • Membuka tabungan dengan deposito.
  • Transfer uang antar bank yang berbeda.
  • Terdapat history transaksi secara lengkap seperti history transaksi tabungan dan CC, pengecekan saldo serta mengecek mutasi rekening.

Kelebihan dari Mandiri Internet

Pemakaian aplikasi perbankan saat ini tak bisa dipisahkan dari kehidupan Anda, karena cara mengaksesnya pun dibuat sangat mudah. Mulai dari pembayaran tagihan, pengecekan saldo dan penarikan uang hanya lewat HP Android saja.

Berikut ini beberapa kelebihan dari Mandiri Internet:

Advertisement
  1. Penggunaannya sangat praktis, dan bisa diakses di mana saja layanan keuangannya selama 24 jam penuh setiap harinya.
  2. Selama terkoneksi oleh jaringan internet, maka Mandiri Internet ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja.
  3. Adanya user interface yang mudah dipahami dan mudah digunakan. Bagi Anda yang baru menggunakan Mandiri internet banking pertama kalinya, tak perlu khawatir dalam pemakaiannya karena terbilang mudah.
  4. Bisa melakukan jenis transaksi lainnya di sana misalnya pembayaran listrik, pembayaran voucher isi ulang listri, pembayaran telepon, sampai transfer ke rekening bank lain.
  5. Hanya dengan 1 User ID saja Anda bisa mengakses segala jenis produk yang dimiliki oleh Bank Mandiri. Misalnya deposito, rekening pinjaman, tabungan giro dan CC atau kartu kredit.
  6. Cukup dengan menggunakan konfigurasi minimum di browser Anda maka Anda bisa menikmati segala jenis layanan yang ada di sana.
  7. Tak ada biaya apapun untuk transaksi yang Anda lakukan di Mandiri Internet tersebut. Kecuali untuk transfer beda bank yang terkena biaya admin.
  8. Penggunaannya juga aman, karena seluruh transaksi dilindungi oleh multi-layered security system dan juga token.

Fungsi Internet Banking

Hanya dengan jaringan internet saja, maka Anda sudah bisa melakukan transaksi di internet banking Mandiri dengan cepat dan mudah. Berikut ini beberapa fungsi dan kegunaan dari internet banking yang perlu Anda ketahui:

1.     Memudahkan Segala Transaksi

Baik pihak bank maupun nasabah, sama-sama diuntungkan dengan adanya internet banking tersebut. Pemakaiannya juga menjadi lebih efisien karena nasabah tak perlu datang ke bank atau mengantre dalam melakukan pembayaran dan transfer.

Sedangkan keuntungan bagi pihak bank bisa melakukan efisiensi budget bagi para karyawan dan kantor cabang. Bahkan mereka juga bisa melakukan investasi dana dengan tujuan pengembangan teknologi.

2.     Melakukan Segala Jenis Transaksi Perbankan

Internet banking juga akan memudahkan nasabah dalam segala jenis transaksi yang meliputi:

Advertisement
  • Pembelian pulsa elektrik.
  • Transfer uang antar bank yang sama atau beda bank.
  • Pembayaran transaksi e-commerce misalnya beli tiket pesawat untuk perjalanan bisnis, belanja secara online, beli tiket hotel dan lain sebagainya.
  • Mengecek saldo dan juga mutasi rekening.
  • Membayar tagihan kartu kredit.
  • Membayar tagihan bulanan misalnya air, telepon, listrik dan sebagainya.

3.     Melihat Informasi Kurs

Melihat nilai jual beli untuk mata uang atau kurs juga bisa dilakukan melalui internet banking tersebut. Anda bisa melihatnya di situs resmi internet banking Mandiri untuk up date kurs misalnya SGD, USD, EUR dan sebagainya.

4.     Mengetahui Informasi dan Program di bank Terkait

Misalnya di Bank Mandiri, maka Anda bisa memperoleh informasi baru seperti misalnya deposito, investasi dan juga angsuran pinjaman yang langsung diinformasikan ke nasabah.

Cara daftar internet Bank Mandiri dengan beberapa langkah di atas bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Anda juga harus menggunakan internet banking Mandiri dengan aman agar terhindar dari oknum kejahatan digital.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)