Daftar Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

daftar perusahaan bumn

Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dibagi atas beberapa kategori perusahaan yang kepemilikan dan pengelolaannya dilakukan oleh negara. Dalam hal ini, pihak Kementerian mempunyai peran penting dalam menjalankannya. Seperti yang disebutkan dalam Undang-Undang No. 19 Tahun 2003, dimana semua entitas BUMN ada di bawah pengawasan dan pengelolaan kementerian.

Disini, Menteri BUMN adalah pemimpinnya. Berbicara mengenai BUMN, tentu tidak bisa dilepaskan dari berbagai bidang usaha yang dikelolanya. Apalagi, saat ini daftar perusahaan BUMN semakin bertambah jumlahnya. Sehingga tidak mengherankan, kalau banyak masyarakat awam yang bahkan tidak mengetahui eksistensinya. Apalagi tahu kalau perusahaan tersebut adalah milik negara.

Jenis Bentuk Perusahaan BUMN

Sebelum membahas lebih detail mengenai apa saja perusahaan BUMN yang ada di Indonesia. Sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis bentuk BUMN. Pada awal pembentukannya, perusahaan BUMN dikelompokkan atas tiga jenis bentuk usaha, diantaranya adalah :

Perusahaan Umum atau Perum

Mendapat modal dari APBN pemerintah. Perusahaan ini fokus pada menghasilkan profit atau keuntungan. Selain membuka jasa layanan untuk masyarakat, Perum juga memiliki goals untuk meraih keuntungan.

Perseroan Terbatas atau Persero

Persero mendapat seluruh atau sebagian modal dari pihak pemerintah, namun dalam bentuk saham. Tujuan dari pembangunan Persero adalah mencari keuntungan. Meskipun Persero bergerak di bidang pelayanan publik, tapi tidak difasilitasi oleh negara.

Jawatan atau Perjan

Seluruh modal Perjan didanai oleh pemerintah, dimana tujuan utamanya adalah menyejahterakan masyarakat. Sayangnya, sekarang format BUMN Jawatan sudah tidak ada.

Daftar Perusahaan BUMN Paling Lengkap

Berikut ini adalah perusahaan perusahaan BUMN yang di kelola oleh pemerintah Indonesia:

1. PT Telekomunikasi Indonesia

Persero ini bergerak di bidang telekomunikasi. Tugas dari Telkom adalah membangun serta meningkatkan layanan berbasis jaringan komunikasi telepon nasional di seluruh wilayah Indonesia. Perusahaan mengklaim sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar yang ada di tanah air. Dengan pelanggan teleon 15 juta, dan telepon seluler 104 juta.

2. PT Pertamina

BUMN satu ini bertugas untuk mengelola penambangan minyak, serta gas bumi yang ada di Indonesia. Pertamina pernah masuk di urutan 122 Fortune Global 500 pada 2013 silam. Saat ini, Pertamina mengoperasikan 7 kilang minyak, dan kilang LNG di berbagai daerah. Anda pasti sudah familiar dengan berbagai produknya, seperti BBM, Gas, dan juga pelumas.

3. PT Garuda Indonesia

Di sektor transportasi, BUMN juga memiliki PT Garuda Indonesia Tbk, yang merupakan maskapai penerbangan nasional negara Indonesia. Layanan transportasi yang disediakan oleh Garuda Indonesia meliputi transportasi perbangan dalam sekala domestik, hingga internasional. Bahkan Garuda Indonesia juga masuk dalam daftar maskapai terbaik di dunia.

4. PT Perusahaan Listrik Negara/ PLN

BUMN yang lebih dikenal dengan nama PLN ini tentu sudah sangat Anda kenal. Karena layanan listrik dan energi yang digunakan oleh masyarakat Indonesia merupakan produk PLN. Tugas BUMN ini adalah mengadakan, memperbaiki, dan menanggulangi kebutuhan energi listrik di seluruh pelosok Indonesia.

5. PT Kereta Api Indonesia

Di sektor transportasi juga ada PT KAI (Kereta Api Indonesia). Tugas utama dari persero ini adalah menyelenggarakan angkutan transportasi jenis kereta api dalam lingkup nasional. Jasa yang ditawarkan meliputi angkutan penumpang, dan barang. Sayangnya, pengadaan kereta api ini belum merata, karena hanya ada di Pulau Jawa, dan Sumatera Utara.

6. PT Bank Negara Indonesia/ BNI

Dalam sektor perbankan ada PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI). BNI sendiri merupakan salah satu bank yang mempunyai jumlah nasabah terbanyak. Selain itu, juga adalah bank komersial paling tua di Indonesia. Saat ini, BNI sudah memiliki berbagai produk layanan menarik yang membuat betah nasabah. Termasuk juga produk berbasis digital.

7. PT Bank Rakyat Indonesia/ BRI

Seperti namanya, BRI memang bisa dibilang sangat merakyat karena sudah menjangkau berbagai daerah pelosok dan terpencil. Tidak heran kalau jumlah penggunanya juga membludak, termasuk di area pedesaan. Meskipun begitu, bank ini tidak lupa untuk terus mengupdate layanan serta produk secara berkala, sehingga sesuai dengan selera milenial.

8. PT Bank Mandiri

Masih di sektor perbankan usaha BUMN. Tentu Anda sudah familiar dengan nama Bank Mandiri, bukan? Mandiri sendiri masuk dalam daftar perusahaan BUMN yang terus berkembang pesat seiring perkembangan zaman. Hal ini dapat dilihat dari jumlah kepemilikan aset, deposit bank, pinjaman, dan jumlah nasabah yang tidak terhitung lagi.

9. PT Dirgantara Indonesia (Indonesian Aerospace Inc)

BUMN Persero ini memiliki fokus di bidang dirgantara dan pertahanan. Perusahaan pesawat terbang ini pada awalnya dikenal sebagai IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). PT Dirgantara merupakan industri pembuatan pesawat terbang pertama di Asia Tenggara, dengan pelopornya yang tidak lain adalah mantan presiden BJ Habibie.

10. PT Bio Farma

Kalau mendengar kata yang ada “farma” nya, pasti tidak jauh dengan farmasi dan obat-obatan. PT Bio Farma ini adalah salah satu BUMN yang bergerak di farmasi. Tugasnya adalah membuat vaksin serta antisera. Jadi, tidak dapat disangkal lagi kalau kontribusi Bio Farma untuk peningkatan kualitas hidup penduduk di Indonesia ini sangatlah besar.

11. PT Pegadaian

Siapa yang tidak mengenal pegadaian? Perusahaan BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan ini memang sudah sangat akrab dengan masyarakat. Terutama bagi yang sering mengalami masalah kekurangan finansial, sehingga harus menggadaikan barang berharganya di Pegadaian.

Persero yang memiliki slogan “Mengatasi masalah tanpa masalah” ini sendiri mempunyai 3 lini bisnis, yakni :

  • Pembiayaan
  • Emas
  • Aneka jasa

12 PT Semen Indonesia

BUMN yang bergerak di bidang produksi material bahan bangunan, yaitu semen itu juga tidak kalah populernya. Didirikan dengan nama PT Semen Gresik, perusahaan ini merupakan produsen semen paling besar di tanah air. Selain itu, PT Semen Indonesia juga adalah BUMN pertama dengan status go public, dimana sahamnya dipasarkan secara bebas.

Hingga saat ini, PT Semen Indonesia mempunyai 4 anak cabang perusahaan, berikut adalah daftarnya :

  • Semen Gresik
  • Semen Padang
  • Semen Tonasa
  • Thang Long Cement Company

13. PT Jasa Raharja

Selanjutnya adalah PT Jasa Raharja, yang menangani sektor bagian asuransi sosial. Jasa Raharja didirikan pada tahun 1961. Fokus tujuannya adalah menyelenggarakan layanan asuransi sosial untuk seluruh masyarakat Indonesia.

14. PT Pos Indonesia

BUMN ini fokus di bidang perposan (pengiriman surat dan barang), kurir, dan juga jasa keuangan. Pada awalnya, PT Pos Indonesia merupakan Perum atau Perusahaan Umum. Tapi kemudian ganti jadi perseroan terbatas. Hingga sekarang, ada ribuan kantor pos yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, dan dikelola langsung oleh PT Pos.

15. Angkasa Pura I & II

Perusahaan sektor transportasi ini bertugas memberikan pelayanan dalam bentuk lalu lintas udara, serta bandar udara yang ada di seluruh belahan Indonesia. Hanya saja dikelompokkan atas 2 bagian, yakni Angkasa Pura I untuk Indonesia Tengah dan Timur. Kemudian Angkasa Pura II di Indonesia Barat.

Selain daftar perusahaan BUMN yang disebutkan di atas, sebenarnya masih ada lagi BUMN lainnya namun tidak bisa dijelaskan satu-persatu. Tercatat sekarang ini, total ada 142 Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di berbagai bidang. Namun ada informasi, bahwa Kementerian BUMN berencana untuk memangkas jumlahnya, supaya lebih optimal fungsinya.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)
Cara Cek Keberangkatan Haji yang Mudah dan Simpel
Pinjaman Uang Home Credit