Cara Menghilangkan Iklan di Google di PC & Android

cara menghilangkan iklan di google chrome

Bagaimana cara menghilangkan iklan di Google, adalah hal yang sering menjadi pertanyaan kebanyakan orang saat sedang mengakses sesuatu di Google. Tak jarang muncul notifikasi iklan pada ponsel atau laptop baik yang berupa banner, gambar bergerak, atau video. Hal tersebut tentu sangatlah mengganggu bukan? Sebab pop-up iklan seringkali menghalangi hingga mengeblok layar pengguna.

Bahkan yang lebih parah yaitu mengalihkan ke situs yang tidak Anda kehendaki. Iklan-iklan tersebut bisa saja muncul karena kurangnya kehati-hatian pengguna ketika mengakses Google, yaitu mengizinkan notifikasi yang muncul sebelum sebuah situs web terbuka. Jika hal tersebut sudah terjadi Anda tak perlu khawatir, sebab terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Cara Menghilangkan Iklan di Google

Menghilangkan notifikasi iklan di Google Chrome pada laptop

  1. Buka web browser Google Chrome. Lalu klik “Menu (titik tiga vertikal)” yang terletak di sudut kanan atas.
  2. Pilih menu “Setting” dan scroll ke bawah jika halaman Setting sudah terbuka.
  3. Cari menu “Advanced” dan klik menu tersebut.
  4. Scroll ke bawah lagi, cari dan klik menu “Site Settings”.
  5. Pada halaman menu Site Settings, cari dan klik “Notifications”.
  6. Selanjutnya akan ditunjukkan halaman yang merupakan kumpulan website. Silakan pilih website yang menurut Anda sering memunculkan notifikasi atau iklan.
  7. Lalu klik “titik tiga” pada masing-masing website yang telah Anda pilih, kemudian pilih “Remove”.
  8. Apabila Anda tidak menginginkan notifikasi dari situs manapun, Anda dapat meng-klik toggle yang berada di sebelah kanan yaitu “Ask before sending (recommended)” hingga berubah warna menjadi abu-abu dan terdapat keterangan “Blocked”.

Setelah Anda menonaktifkan personalisasi iklan, adapun beberapa hal yang tidak berubah antara lain:

  1. Tidak menghentikan seluruh iklan, sebab Google akan memanfaatkan konten yang Anda buka atau lokasi umum Anda.
  2. Setelan iklan Google pada perangkat Anda tidak akan mengubah jaringan iklan lain.
  3. Setelan pada perangkat yang digunakan untuk logout tidak akan diupdate.
  4. Preferensi logout tanpa cookie tidak akan tersimpan.

Menghilangkan notifikasi iklan Google di HP Android

  1. Pertama buka aplikasi Google Chrome pada ponsel Anda.
  2. Setelah jendela utama terbuka, klik “Menu” yang berupa titik tiga pada sebelah sudut kanan atas.
  3. Selanjutnya klik “Settings” dan scroll ke bawah pilih “Site Settings”.
  4. Jika halaman Site Settings telah terbuka, cari dan klik “Notifications”.
  5. Kemudian akan terbuka halaman yang merupakan daftar situs yang diizinkan (allow) dan tidak diizinkan (block). Silakan pilih atau klik situs manapun yang menurut Anda banyak menampilkan iklan dan mengganggu.
  6. Setelah terbuka halaman baru, klik “Clear & Reset”.

Menghilangkan iklan Google di Laptop Windows 10

Windows 10 memang banyak digemari oleh masyarakat karena fiturnya yang beragam. Akan tetapi, adapula fitur yang tidak disukai oleh banyak orang yaitu Personal Ads atau Advertising ID. Fitur dari Microsoft tersebut merupakan penyedia layanan iklan dari Windows 10 yang lebih relevan.

Personal Ads dapat mencegah penipuan dan masalah keamanan dengan memfilter aplikasi pada Windows Store. Fitur ini akan menampilkan iklan pada pengguna berdasarkan data yang dikumpulkan oleh pengguna. Jika Anda mengganggu iklan-iklan yang ditampilkan tersebut, cara ini dapat Anda lakukan.

  1. Pertama buka “Settings” pada laptop Anda, untuk membukanya Anda dapat menekan WinKey + I.
  2. Kemudian pilih menu “Privacy” dan klik “General”.
  3. Selanjutnya pada opsi “Let apps use my advertising ID for experiences across apps” silakan switch ke “Off” tombol yang tersedia.
  4. Bukalah browser apapun yang terinstall pada laptop Anda untuk menghilangkan iklan hasil personalisasi saat browsing. Anda dapat menggunakan browser Mozilla, Google Chrome, atau Microsoft Edge dengan cara sebagai berikut:
  5. Buka laman Microsoft, dapat menggunakan link berikut https://choice.microsoft.com/en-us/opt-out.
  6. Kemudian Anda harus melakukan login ke akun Microsoft.
  7. Selanjutnya nonaktifkan opsi “Personalized ads in this browser” dan “Personalized ads wherever I use my Microsoft account” yang terletak di bagian kanan layar.

Menghilangkan iklan dengan aplikasi

Cara ini dapat Anda gunakan jika iklan terus muncul padahal telah menggunakan fitur Setting pada browser. Anda dapat memanfaatkan aplikasi pihak ketiga untuk menghilangkan sekaligus memblokir iklan yang terus bermunculan, yaitu Adguard Content Blocker. Aplikasi tersebut dapat Anda unduh melalui Google Play Store agar lebih aman. Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Install aplikasi Adguard dan luncurkan aplikasi tersebut.
  2. Klik “Go to Filters” dan silakan pilih jenis iklan yang ingin Anda blokir.

Menghilangkan iklan dan malware pada ponsel

Cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan iklan yang tiba-tiba muncul pada ponsel Anda adalah menghapus aplikasi bermasalah. Sebab terkadang jika Anda tidak berhati-hati, secara tanpa sadar mungkin Anda telah mengunduh aplikasi yang tidak diinginkan atau malware. Selain itu, cara ini juga menjadikan ponsel Anda lebih aman.

  1. Hapus aplikasi pada ponsel Anda yang sekiranya bermasalah.
  2. Restart ponsel Anda di safe mode dengan menekan tombol “Power” dan menahan opsi “Power Off” pada layar.
  3. Selanjutnya hapus satu per satu aplikasi yang baru Anda download.
  4. Restart ponsel Anda setiap menghapus satu aplikasi. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah aplikasi yang telah dihapus dapat menyelesaikan masalah atau tidak.
  5. Setelah menemukan aplikasi yang bermasalah dan menghapusnya, Anda dapat mengunduh kembali aplikasi lain yang terhapus.
  6. Selanjutnya lindungi ponsel Anda dengan mengaktifkan fitur “Play Protect”.
  7. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silakan buka Google Play Store pada ponsel, lalu klik “Menu” pada sudut kiri atas.
  8. Pada menu “Play Protect” klik ikon yang berada di kanan atas berupa roda gigi.
  9. Kemudian untuk mengaktifkan Play Protect klik kotak bertuliskan “Scan device for security threats” sampai berwarna hijau.

Selanjutnya agar ponsel tidak terinfeksi malware kembali, adapun langkah yang dapat Anda lakukan yaitu:

  1. Mewaspadai konten-konten yang menjanjikan hal yang tidak masuk akal. Hindari situs yang mengatakan bahwa Anda memperoleh atau menang undian berhadiah secara gratis. Sebab biasanya hal tersebut merupakan sebuah trik agar Anda mengunduh sebuah malware.
  2. Apabila perangkat Anda tidak memiliki pemindai virus, maka berhati-hatilah jika terdapat peringatan bahwa perangkat Anda terinfeksi virus. Mungkin saja situs tersebut hanya menakut-nakuti Anda, sehingga Anda mendownload software yang direkomendasikan. Tentu saja kita tidak tahu apakah software tersebut aman atau tidak untuk perangkat kita.
  3. Silakan unduh file dan buka situs yang menurut Anda aman.
  4. Jangan sampai meng-klik pop-up untuk update atau download program yang muncul dan terlihat mencurigakan. Jika hendak mendownload sebuah program, bukalah situs resminya saja.

Beragam cara dapat Anda lakukan untuk menghilangkan iklan di Google. Meskipun iklan merupakan hal yang lumrah, namun Anda patut berhati-hati. Sebab tak hanya mengganggu, iklan-iklan tersebut bisa saja menyebarkan virus atau malware pada perangkat yang Anda gunakan. Semoga cara menghilangkan iklan di Google ini dapat membantu mengamankan perangkat Anda.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)
Cara Membuat Tabel di Microsoft Word
Download WhatsApp Mod Terbaru + Link Download