Cara Menghapus History Google Untuk Menjaga Privasi

Cara Menghapus History Google Untuk Menjaga Privasi

Ketika sedang melakukan browsing di internet via Google, akan selalu tertinggal jejak-jejak penelusuran. Riwayat penelusuran yang dimaksud sering disebut dengan istilah history. Bagi sebagian orang yang sangat menjaga privasi, riwayat tersebut tentu saja menjadi hal yang sensitif. Oleh karena itu, mereka akan mencari cara menghapus history Google.

Jejak pencarian yang satu ini ada baiknya memang dihapus, ketika perangkat sedang dipinjam orang lain. Karena banyak kemungkinan, terjadinya pengintipan oleh orang yang meminjam tersebut. Sehingga tak ada salahnya, untuk mempelajari cara menghapus pencarian di Google. Untuk keterangan lebih lanjut, Anda perlu melihat panduannya pada penjabaran di bawah ini.

Cara Menghilangkan Riwayat Pencarian Google di PC

Google bisa diakses di sejumlah perangkat yang bisa terhubung dengan internet. Salah satu perangkat untuk melakukan penjelajahan di dunia maya dengan Google adalah PC. Perangkat yang satu ini berupa komputer dan laptop dengan koneksi jaringan internet. Kedua perangkat ini merupakan benda pertama yang dulunya digunakan untuk searching di ranah digital.

Sebagai perangkat yang berukuran besar, benda ini biasanya digunakan secara bersamaan. Tak sedikit orang memakai benda ini secara sharing dengan keluarga, teman, bahkan rekan kerja. Sehingga, tingkat privasi penelusuran data di PC akan semakin minim. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan cara menghapus history Google, seperti yang dijabarkan pada uraian di bawah ini.

  1. Klik ikon “Google Chrome” di desktop
  2. Log in” ke akun Google yang telah dibuat
  3. Ketik “Google.id” pada kolom pencarian
  4. Tekan “Enter” di keyboard
  5. Ketuk “Settings” pada bagian kiri bawah halaman
  6. Pilih “History
  7. Buka “Google My Activity
  8. Sentuh menu “tiga garis horizontal” pada bagian kiri
  9. Klik “Delete Activity by
  10. Pilih periode riwayat penelusuran yang ingin dihilangkan mulai dari “Today” hingga “All Time
  11. Tekan “All Products
  12. Ketuk “Search” jika ingin menghapus situs yang pernah dijelajahi
  13. Pilih “Image Search” apabila perlu menghilangkan gambar yang telah ditelusuri
  14. Ketuk “Delete

Penggunaan perangkat dengan orang lain memang tidak bisa dihindari. Misalnya, PC rumah yang digunakan untuk semua anggota keluarga. Selain itu, PC kantor juga tak lepas dari jangkauan akses karyawan lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan penghilangan riwayat penelusurun situs.

Menghilangkan jejak-jejak penelusuran Google di perangkat komputer atau laptop tidaklah sulit, jika menerapkan trik di atas. Dengan dihapusnya riwayat penjelajahan, maka Anda tidak akan cemas lagi ketika PC digunakan oleh orang lain. Anda pun bisa lebih leluasa meminjamkan PC ke orang lain, tanpa merasa was-was lagi.

Trik Menghapus History Google di HP Android

Melakukan penjelajahan di internet kini semakin mudah, dengan kehadiran HP berbasis Android. Hanya dengan perangkat di genggaman, Anda bisa mendapatkan beraneka ragam informasi di dunia maya. Untuk mengakses situs di dunia maya pun caranya sangat mudah. Hal ini dikarenakan smartphone biasanya telah dipasangi aplikasi Google Chrome bawaan.

Namun jika smartphone belum terpasang, Anda hanya perlu mengunjungi Google Play Store. Setelah itu, Anda hanya perlu mengunduh Google Chrome dalam beberapa menit saja. Setelah itu, Anda bisa bebas berselancar di dunia maya untuk mengakses segala informasi. Meski smartphone merupakan perangkat pribadi, namun terkadang masih timbul rasa cemas ketika dipinjam oleh orang lain.

Terlebih lagi jika baru saja selesai melakukan searching informasi tentang hal-hal berbau privasi. Namun Anda tak perlu bingung lagi, untuk mengatasi hal ini. Solusi terbaik agar riwayat penjelajahan Google tidak terlacak adalah dengan menghapusnya. Untuk cara menghilangkan history Google di HP Android, Anda bisa mengikuti trik mudah di bawah ini.

  1. Buka aplikasi “Google Chrome
  2. Masuk ke akun Google yang dimiliki
  3. Tulis “Google.id” di bagian pencarian
  4. Pencet tombol “Enter” di keyboard
  5. Sentuh ikon “tiga titik” di sisi kanan atas
  6. Scroll ke bawah dan tekan “History
  7. Ketuk “Clear Browsing Data” pada halaman “History
  8. Centang semua item pada bagian “Basic
  9. Atur “Time Range” untuk memilih periode penelusuran yang ingin dihapus mulai dari “Last Hour” hingga “All Time
  10. Ceklis sejumlah item yang ingin dihilangkan pada bagian “Advanced
  11. Atur “Time Range” untuk menentukan periode pencarian yang ingin dihilangkan mulai dari “Last Hour” hingga “All Time
  12. Klik “Clear Data

Walaupun bukan barang yang bisa digunakan secara sharing, smartphone tak lepas dari kejadian dipinjam orang lain. Oleh sebab itu, Anda perlu waspada jika tiba-tiba dipinjam orang lain terutama keluarga atau teman. Hal ini menyangkut keamanan privasi, sehingga keamanan penelusuran perlu ditingkatkan dengan menghapus history Google.

Cara Menghapus History Google Di iPhone

Pencarian internet di Google tentu saja identik dengan sistem operasi berbasis Android. Namun tak sedikit orang yang melakukan penjelajahan internet dengan menggunakan iPhone atau iPad. Untuk menggunakan aplikasi pencarian Google di kedua perangkat ini, Anda tentu saja harus mengunduhnya di App Store.

Sistem operasi pada perangkat keluaran Apple ini tentu saja berbeda dengan Android. Sehingga Anda akan bertanya-tanya, apakah Google di iPhone memiliki fungsi yang sama dengan Android. Anda juga akan penasaran tentang keamanan privasi Google pada iPhone. Hal ini berkaitan dengan sistem operasi iPhone, yang secara otomatis akan menyimpan data penggunanya.

Sejumlah hal detail tentang data pengguna akan terekam oleh perangkat yang satu ini. Data yang dimaksud terkait dengan aktivitas pengguna, misalnya semua pencarian situs. Selain itu, iPhone juga mampu merekam jejak gambar dan aplikasi yang telah diunduh. Sehingga untuk mengatasi masalah privasi ini, Anda perlu menghapus history Google dengan menjalankan prosedur di bawah ini.

  1. Kunjungi aplikasi “Google Chrome
  2. Buka akun Google yang dimiliki
  3. Isi “Google.id” di kolom Search
  4. Sentuh tombol “Enter” di keyboard
  5. Ketuk ikon “tiga titik” pada bagian kanan atas
  6. Gulir ke bawah dan pilih “History
  7. Klik “Clear Browsing Data” di bagian paling bawah
  8. Ceklis “History Browsing” jika belum default
  9. Hilangkan ceklis pada item lain yang tidak ingin dihapus
  10. Pilih “Clear Browsing Data
  11. Tekan “Selesai” pada sisi kanan atas

Apabila langkah-langkah di atas sudah Anda jalankan dengan baik, maka tindakan penghapusan riwayat pencarian Google telah berhasil. Sehingga Anda tak perlu takut lagi jika berbagi perangkat dengan orang lain. Hal ini juga berlaku ketika perangkat iPhone Anda dipinjam oleh orang lain. Anda pun akan merasa yakin bahwa privasi telah terjaga dengan baik keamanannya.

Tindakan penghapusan riwayat penelusuran Google perlu dilakukan, oleh sebagian orang yang cemas terhadap privasinya. Meski terlihat mudah namun tak sedikit orang yang masih bingung, tentang cara menghapus history Google. Selain meningkatkan penjagaan privasi, tindakan ini juga dilakukan untuk meringankan memori perangkat. Agar tidak keliru, Anda perlu mengikuti panduan di atas.

Fihit Li
Bagikan artikel ini jika bermanfaat

Tulis komentar...

Scroll to top