Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Advertisement

Pandemi COVID-19 yang telah melanda berbagai negara di dunia sejak beberapa bulan yang lalu, memaksa orang-orang untuk mengisolasi diri. Akibatnya tercetuskan sebuah konsep bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH). Maka dibutuhkan teknologi yang menunjang konsep ini, salah satunya dengan cara menggunakan aplikasi Zoom.

Aplikasi tersebut digunakan untuk memudahkan proses penyampaian informasi terkait pekerjaan atau pembelajaran dengan cara konferensi video jarak jauh. Sebab tak hanya para karyawan saja yang melakukan WFH, tetapi juga pelajar dan mahasiswa melakukan pembelajaran secara online.

Cara Menggunakan Aplikasi Zoom

Aplikasi Zoom dinilai memiliki kualitas yang cukup baik, hal ini dibuktikan dengan digunakannya aplikasi ini oleh perusahaan-perusahaan yang masuk ke Fortune 500. Bahkan di Indonesia, Zoom juga digunakan oleh beberapa aparatur pemerintah dalam melakukan meeting secara virtual. Bagi Anda yang belum mengerti cara menggunakan aplikasi Zoom, simak ulasan berikut.

Advertisement

Menggunakan Zoom di laptop atau PC

  1. Melalui browser

Cara yang paling mudah untuk menggunakan Zoom adalah mengaksesnya melalui browser. Anda tidak perlu mengunduh aplikasi Zoom terlebih dahulu, cukup buka salah satu browser di perangkat Anda dan kunjungi website Zoom.

  1. Buka website Zoom dengan link https://zoom.us/ dan buat akun menggunakan email atau Facebook.
  2. Setelah itu buka halaman utama dan pilih “My Profile”. Lalu akan ditampilkan data Personal Meeting ID yang dapat Anda gunakan untuk mengundang partisipan ke video conference.
  3. Untuk mengundang teman ke video conference, copy “Meeting ID” atau gunakan link agar dapat di Copy-Paste pada browser.
  4. Partisipan yang diundang ke sebuah meeting tidak harus memiliki akun untuk bergabung, cukup Copy-Paste “Meeting ID” atau link yang dibagikan oleh Host.
  5. Kemudian klik “Join a Meeting” dan ruang virtual meeting dapat digunakan.

2. Melalui aplikasi desktop

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi Zoom, Anda bisa mendownload terlebih dahulu. Buka link https://zoom.us/download pada browser internet di laptop Anda, Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox, dan lain-lain.
  2. Setelah terunduh klik “Zoom Client for Meetings”, kemudian “Download”. Dan install seperti biasanya.
  3. Selanjutnya jika ingin mengikuti sebuah meeting room, Anda tidak diwajibkan memiliki akun. Anda bisa klik “Join Meeting” lalu masukkan Meeting ID dan Password dari conference yang akan diikuti. Dan jangan lupa isi username yang akan Anda gunakan.
  4. Namun jika Anda akan menjadi Host, Anda wajib memiliki akun. Untuk membuat akun silakan klik “Sign In” dan daftar menggunakan email atau akun Facebook.
  5. Ketikkan nama depan dan belakang, lalu centang “I Agree to the TOS”.
  6. Klik tombol “Sign Up”.
  7. Buka email yang Anda gunakan untuk membuat akun Zoom dan “Activate Account”.
  8. Masukkan kata sandi yang diinginkan.
  9. Kemudian untuk membuat sebuah conference, silakan klik “Start Meeting”.
  10. Undang teman Anda dengan cara meng-copy link ataupun membagikan Meeting ID dari meeting room yang Anda buat. Meeting ID bisa Anda lihat dengan membuka “Settings” kemudian cari “Personal Meeting ID”.

Menggunakan Zoom di HP Android atau iPhone

Advertisement

  1. Unduh aplikasi Zoom di Google Play Store bagi pengguna Android dan di App Store bagi pengguna iPhone.
  2. Selanjutnya klik “Sign Up”, Anda dapat menggunakan email atau akun Facebook.
  3. Untuk mengundang partisipan ke meeting, buka “Pengaturan” atau “Setting” dan temukan “Personal Meeting ID”.
  4. Bagikan Meeting ID tersebut ke teman yang akan diundang ke meeting. Anda juga bisa mengundang teman menggunakan link untuk di Copy-Paste pada browser.
  5. Sama seperti menggunakan laptop atau PC, untuk join meeting di Zoom partisipan tidak wajib memiliki akun. Partisipan cukup mengetikkan “Username” yang akan digunakan dan memasukkan “Meeting ID” serta “Password” dari video conference yang telah dibuat oleh Host.
  6. Lalu klik “Join a Meeting” dan Anda sudah tergabung ke dalam virtual meeting.

Fitur yang Tersedia di Aplikasi Zoom

Sebagai sebuah layanan untuk video conference yang berbasis cloud computing, tentu Zoom dilengkapi banyak fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang konferensi atau rapat yang diadakan. Berikut beberapa fitur Zoom yang sering digunakan:

Host a Meeting

Untuk menjaga kekondusifan saat meeting berlangsung, Zoom memberikan kesempatan kepada salah satu peserta untuk menjadi pemimpin atau Host dengan fitur ini. Host dapat melakukan pengaturan pada meeting yang diadakan.

Schedule and join a Meeting

Fitur ini berfungsi untuk mengatur jadwal meeting yang akan dilakukan di Zoom. Host dapat menentukan kapan meeting tersebut dilakukan. Sehingga jika terdapat lebih dari satu meeting yang akan dilakukan, Anda dapat melakukannya secara terjadwal. Kegiatan Work From Home pun akan berjalan dengan lancar dan nyaman.

Advertisement

Participants

Fitur Participants dapat Anda gunakan untuk melihat peserta lain yang tergabung dalam meeting yang Anda ikuti. Klik ikon Participants untuk membuka dan klik Close untuk menghilangkan tampilan Participants, setelahnya layar akan kembali seperti sedia kala.

Chat

Untuk berinteraksi dengan para partisipan meeting, Anda dapat menggunakan fitur Chat yang berada di bagian bawah. Terdapat dua pilihan dalam mengirimkan chat, jika Anda memilih Everyone maka chat yang dikirimkan akan terbaca oleh seluruh partisipan yang ada di meeting room. Untuk mengirim pesan secara pribadi, pilih peserta meeting yang hendak Anda chat.

Sharing screen

Fitur selanjutnya yang dimiliki Zoom sangat bermanfaat bagi Anda yang akan melakukan presentasi secara online. Dengan fitur Share Screen, Anda dapat membagikan layar perangkat Anda kepada partisipan meeting lainnya. Dapat menampilkan desktop secara keseluruhan maupun hanya jendela yang terbuka saja.

Virtual Background

Anda tak perlu khawatir dan terganggu dengan latar belakang yang tidak menarik saat melakukan video conference melalui Zoom. Sebab pada aplikasi ini terdapat fitur untuk mengganti background atau latar belakang. Anda bisa bebas memilih background yang akan digunakan, baik dengan gambar yang disediakan Zoom maupun gambar lain yang tersimpan di perangkat Anda.

Advertisement

Touch Up My Appearance

Fungsi dari fitur ini sangatlah menarik yaitu dapat memfilter tampilan wajah partisipan meeting, misalnya mencerahkan warna kulit,menghaluskan wajah dan lain sebagainya. Untuk menggunakan fitur ini, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Pertama buka menu Profil Image – Settings – Touch Up My Appearance dan sesuaikan tampilan wajah yang Anda inginkan.

Recording

Saat melakukan video conference menggunakan Zoom, Anda dapat merekamnya dari awal hingga selesai dengan fitur ini. Hasil rekaman tersebut dapat disimpan pada perangkat Anda dengan format MP4, M4A, atau M3U. Fitur ini juga mudah untuk dilakukan, cukup dengan menekan menu Record pada toolbar yang terletak di bagian bawah.

Cara menggunakan aplikasi Zoom yang mudah serta banyaknya fitur yang disediakan merupakan alasan mengapa Zoom banyak digunakan oleh masyarakat. Selain itu, aplikasi Zoom memiliki bandwidth yang ringan dan tidak memakan banyak ruang memori pada perangkat yang digunakan.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)