Cara Mengaktifkan OVO PayLater

Berkembangnya berbagai macam platform belanja online dibarengi pula dengan berkembangnya aplikasi keuangan berbasis digital atau e-wallet, salah satunya ialah OVO. Berbagai fitur yang memudahkan penggunanya dalam bertransaksi disediakan oleh dompet digital ini. Termasuk saat Anda ingin membeli barang namun tidak ada uang, dapat diatasi dengan cara aktifkan OVO PayLater.

OVO PayLater menawarkan cicilan tanpa kartu kredit dengan besar limit pinjaman tertentu yang dapat Anda gunakan untuk membeli barang di Tokopedia, serta merchants atau gerai lain yang bekerja sama dengan OVO. Akan tetapi, untuk menggunakan OVO PayLater Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu.

Cara Aktifkan OVO PayLater

Sebelum mengaktifkan OVO PayLater perlu diketahui bahwa Anda akan dikenai biaya layanan sebesar 5% dari nilai transaksi untuk kredit limit. Jika dibandingkan dengan pinjaman online, cicilan tanpa kartu kredit dengan OVO PayLater terhitung lebih murah. Umumnya bunga yang diberikan oleh pinjaman online langsung cair 24 jam adalah 20% bahkan lebih per bulannya.

Akan tetapi, jika menggunakan OVO PayLater Anda tidak bisa mengubahnya ke bentuk dana tunai. Anda harus menggunakannya untuk pembiayaan transaksi pembelian di merchant tempat Anda membeli barang dan merchant tersebut telah bekerja sama dengan pihak OVO. Adapun produk yang tidak bisa dibayar dengan OVO PayLater yaitu Gift Card, Donasi, Emas, Zakat, Reksadana & e-Money.

1. Cara aktifkan OVO PayLater di Aplikasi OVO

  1. Upgrade akun OVO Anda ke Premier, caranya sebagai berikut:
  2. Foto KTP Anda melalui fitur kamera yang disediakan oleh aplikasi OVO.
  3. Konfirmasi data diri sesuai KTP.
  4. Ambil foto selfie memegang KTP dengan kamera ponsel Anda.
  5. Setelah foto KTP dan foto selfie diupload, klik “Proses”.
  6. Ajukan aktivasi OVO PayLater.
  7. Isikan data diri yang diminta yaitu nama lengkap, NIK, nomor telepon yang aktif, email, data pekerjaan, dan alamat.
  8. Setelah selesai, dalam 124 jam tunggu keputusan pengajuan aktivasi Anda disetujui atau tidak.

Setelah melakukan upgrade ke OVO Premier, Anda akan memperoleh beberapa keuntungan yaitu gratis transfer ke semua Bank, gratis transfer antar pengguna OVO, dan limit saldo OVO Cash mencapai Rp10.000.000,00. Akan tetapi, untuk pinjaman pertama Anda hanya memperoleh limit kredit sebesar Rp1.000.000,00.

2. Cara aktivasi OVO PayLater di Tokopedia

Salah satu kegunaan OVO PayLater adalah sebagai alat pembayaran di marketplace Tokopedia. Tentu kehadiran OVO PayLater ini memberikan banyak keuntungan untuk Anda, terlebih saat Anda menginginkan suatu barang dan belum memiliki cukup uang. Sebelum menggunakannya, aktifkan fitur ini dengan cara:

  1. Pastikan aplikasi Tokopedia telah terdaftar di ponsel Anda.
  2. Jika aplikasi sudah terdownload, buka dan login ke Tokopedia.
  3. Klik menu “Akun” yang berada di pojok bawah.
  4. Kemudian pilih “Aktifkan Sekarang! (OVO PayLater)” dan klik “Aktifkan Sekarang”.
  5. Kode Verifikasi akan dikirim ke nomor yang Anda daftarkan sebagai nomor OVO.
  6. Masukkan kode tersebut lalu unggah foto selfie Anda dengan memegang KTP.
  7. Isikan identitas sesuai KTP.
  8. Baca dan pahami syarat dan ketentuannya terlebih dahulu.
  9. Tunggu proses persetujuan aktivasi, kira-kira 1 jam.
  10. OVO PayLater Anda berhasil diaktifkan ditandai dengan hilangnya tombol “Aktifkan Sekarang”.

Setelah OVO PayLater Anda teraktivasi, Anda dapat menggunakannya untuk berbelanja online di Tokopedia. Caranya pun tak kalah mudah, yaitu:

  1. Buka aplikasi Tokopedia dan pilih produk yang ingin Anda beli.
  2. Selanjutnya Anda bisa memilih OVO PayLater sebagai metode pembayaran.
  3. Untuk mengecek tagihan, dapat Anda lihat melalui email atau aplikasi OVO PayLater setiap tanggal 27. Tagihan tersebut bisa Anda bayar secara lunas atau 50% dahulu sebelum jatuh tempo (tanggal 1 setiap bulannya). Apabila terlambat dibayarkan, maka Anda akan dikenai bunga sebesar 0,1% per hari.

3. Cara aktifkan OVO PayLater di aplikasi Grab

Selain sebagai salah satu metode pembayaran di Tokopedia, OVO PayLater juga dapat Anda gunakan untuk bertransaksi di Grab. Sama seperti sebelumnya, jika Anda belum mengaktifkan fitur ini di aplikasi Grab, maka Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu dengan langkah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi Grab yang telah terinstall di ponsel Anda.
  2. Kemudian pada layar utama aplikasi tekan “Aktivasi”.
  3. Selanjutnya klik “Aktifkan Sekarang”. Jika tombol tersebut tidak terlihat, silakan perkecil tulisan terlebih dahulu melalui menu “Settings/Pengaturan”.
  4. Masukkan kode OTP (One Time Password) ke aplikasi Grab. Kode tersebut akan Anda peroleh melalui SMS ke nomor yang Anda gunakan untuk mendaftar Grab.

Penting!

  • Pastikan nomor yang Anda gunakan untuk akun OVO dan Grab sama.
  • Jika belum pernah memiliki akun OVO, maka Anda akan diminta membuat OVO PIN.
  • Tunggu hingga OVO Anda diaktifkan oleh aplikasi Grab. Lalu pesan konfirmasi akan ditampilkan dan jumlah saldo yang Anda miliki dapat dilihat di halaman utama aplikasi Grab.

Kelebihan Dari OVO Paylater

Banyak kelebihan dan keuntungan yang akan peroleh dari OVO PayLater. Oleh karena itu, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 115 juta kali oleh para pengguna dompet digital. Kelebihan OVO Paylater yaitu:

  • Dapat berbelanja dengan sistem cicilan tanpa kartu kredit
  • Proses pendaftaran cepat dan mudah.
  • Pembayaran dapat dilakukan akhir bulan.
  • Tersedia berbagai macam metode pembayaran untuk OVO PayLater, dapat melalui Indomaret, ATM, Virtual Account, dan sebagainya.
  • Dapat melihat riwayat pembelian dan transaksi di halaman OVO PayLater.
  • Berbagai diskon dan promo menarik akan Anda peroleh.
  • Bekerja sama dengan Taralite dan telah memiliki izin P2P OJK. Terdaftar atas nama PT Indonusa Bara Sejahtera dengan surat S-622/NB.111/2017 tahun 2017.
  • Tenor pembayaran yang lebih fleksibel, yaitu 3 bulan, 6 bulan, atau 12 bulan.
  • Pengguna OVO Paylater tidak perlu melakukan Top Up.
  • Denda yang diberlakukan sangat rendah.
  • Dapat digunakan di 200.000 merchant ritel modern dan merchant offline.

Konsekuensi Jika Tagihan Menunggak

Seperti yang telah disebutkan di atas, jika terlambat membayar tagihan Anda akan dikenakan revolving Interest sebesar 0,1% per harinya. Adapun konsekuensi lain yang akan Anda peroleh jika tidak membayarkan tagihan sama sekali, yaitu:

  • Pembekuan kredit limit akan dilakukan pihak OVO jika Anda tidak membayarkan tagihan pada hari ketiga setelah jatuh tempo (due date).
  • Apabila pembekuan kredit limit terjadi, Anda tidak bisa menggunakan OVO PayLater untuk pembayaran di Tokopedia. Akan tetapi Anda tetap bisa melakukan pembayaran tagihan sesuai dengan sisa tagihan yang belum dibayarkan hingga lunas.
  • Dengan berdasar kepada Perjanjian Fasilitas Pinjaman, OVO PayLater berhak mengambil tindakan hukum lain.

Setelah membaca ulasan di atas, masihkah Anda ragu untuk mengaktifkan OVO PayLater? Tidak bisa dipastikan bahwa semua pemilik akun OVO dapat menikmati fitur PayLater ini. Sebab pihak OVO telah menentukan beberapa kriteria bagi calon pengguna OVO PayLater. Oleh karena itu, bagi Anda bisa mengakses OVO PayLater jangan sia-siakan kesempatan emas ini.

Komala Dewi
Latest posts by Komala Dewi (see all)