Cara Membuat Google Formulir di Laptop & HP

Cara Membuat Google Form

Google formulir merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google untuk membantu penggunanya membuat formulir. Formulir tersebut tersedia dalam bentuk online yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti survei, absensi, maupun angket dan keperluan lainnya. Cara membuat Google Formulir cukup simpel dan tidak memakan waktu.

Selain mudah dan simpel digunakan, Google Form juga tidak berbayar alias gratis. Semua data yang telah didapatkan dijamin aman karena otomatis tersimpan di Google Drive Anda. Untuk itu, biasanya untuk bisa membuat Google Form diperlukan email (Gmail) yang aktif agar dapat menampung data atau jawaban dari responden.

Kegunaan Google Formulir

Berbagai macam kebutuhan bisa dibantu dengan menggunakan Google Form yang merupakan formulir online. Nantinya, formulir tersebut bisa dibagikan kepada responden dalam bentuk link, baik link yang panjang maupun link yang pendek.

Selain praktis, Google Form juga lebih ramah lingkungan karena tidak membutuhkan kertas yang biasa digunakan untuk membuat formulir manual seperti biasanya. Selain itu, Anda juga tidak perlu berlelah-lelah membagikan formulir kepada responden, karena cukup membagikan link kepada responden. Anda jadi lebih hemat biaya dan tenaga serta lebih ramah lingkungan.

Anda juga tidak perlu merasa khawatir jika formulir terselip atau salah satu formulir yang sudah dijawab oleh responden hilang, karena formulir online menyimpan semua data yang telah dikumpulkan di server milik Google. Benar-benar aman dan nyaman untuk dijadikan sebuah metode yang praktis.

Beberapa kegunaan Google Form, antara lain bisa Anda lihat berikut ini.

  1. Membuat formulir untuk mengumpulkan data dari responden untuk keperluan skripsi.
  2. Membuat formulir registrasi atau pendaftaran yang dilakukan secara daring.
  3. Formulir yang digunakan dalam rangka pendataan warga.
  4. Membuat ulangan atau kuis untuk soal dengan sistem daring.
  5. Melakukan survei untuk performa karyawan, dan masih banyak yang lainnya.

Kelebihan Google Formulir

Selain keuntungan yang bisa Anda dapatkan untuk diri Anda sendiri, ada juga kelebihan Google Form dalam hal tampilannya. Beberapa kelebihan Google Form jika dibanding dengan metode formulir konvensional, antara lain:

  1. Jangkauan Luas

Google Form sebagai bentuk formulir daring yang bisa dijangkau oleh responden dalam wilayah yang lebih luas. Tidak seperti formulir konvensional yang harus mendatangi responden secara langsung atau perantara orang lain untuk mendapatkan jawaban, tentu akan sangat sulit jika responden yang diharapkan berada di wilayah lain yang lebih jauh.

  • Lebih Aman

Keamanan menggunakan Google Form lebih tinggi jika dibandingkan dengan formulir konvensional. Hal ini dikarenakan surveyor tidak perlu bertatap muka dan mengetahui identitas seluruh responden. Survei bisa dilakukan dengan hanya meminta identitas berupa nama dan profesi saja, bahkan alamat email responden pun tidak perlu ditampilkan jika tidak diminta.

  • Tepat Waktu

Jika Anda menggunakan Google Form untuk keperluan ujian atau kuis online, Anda juga bisa mengatur waktu berakhir formulir bisa diisi. Nantinya sebelum waktu berakhir semua jawaban akan terkumpul dalam kolom Tanggapan yang bisa Anda lihat.

  • Lebih Cantik

Tidak seperti formulir konvensional yang biasanya hanya berupa kertas putih dan tulisan-tulisan, Google Form memiliki tampilan yang lebih artistik. Anda bisa menggunakan logo atau foto yang Anda inginkan untuk menghias bagian heading formulir. Selain itu Anda juga bisa mengganti warna latar belakang agar lebih menarik.

  • Bisa Dikelola Bersama

Anda bisa mengerjakan survei bersama orang lain dengan cara menambahkan kolaborator. Anda bisa menyusun survei bersama dengan Dokumen, Spreadsheet, maupun Slide.

Cara Membuat Google Formulir

Sebelum membuat Google formulir, Anda harus membuat akun Google terlebih dahulu agar dapat login ke Google Form. Anda bisa membuatnya secara manual saat masuk ke browser yang Anda gunakan, seperti Google Chrome. Google akan meminta Anda untuk membuat akun agar bisa menggunakan browser lebih maksimal.

Cara membuat Google Form angket sangat mudah diikuti dan dipahami, antara lain:

  1. Masuk ke laman Google Form yang bisa diakses dengan alamat forms.google.com.
  2. Setelah halaman terbuka, silakan klik Blank, Anda juga bisa menggunakan template untuk format yang sudah disediakan oleh Google.
  3. Anda juga bisa mengaksesnya dari drive.google.com. Untuk membuat formulir baru, silakan klik menu New yang ada di sebelah pojok kiri atas.
  4. Pilih More lalu klik opsi Google Formulir.
  5. Arahkan ke tanda panah kanan yang berada di sebelah Google Formulir lalu klik formulir kosong. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam template yang sudah disediakan.
  6. Buat form sesuai dengan keperluan Anda.

Terdapat beberapa jenis model pertanyaan yang bisa Anda tanyakan kepada responden, yakni:

  1. Jawaban singkat, nantinya responden akan menuliskan jawabannya di sebuah kolom secara singkat.
  2. Paragraf, memiliki tampilan kolom jawaban yang lebih besar dari model pertanyaan Jawaban Singkat. Nantinya responden bisa menulis jawabannya di kolom yang berukuran cukup besar dengan jawaban yang cukup panjang.
  3. Pilihan Ganda, responden tidak perlu menuliskan jawaban di sebuah kolom, melainkan hanya melakukan klik di salah satu jawaban yang dipilih. Terdapat lingkaran kecil di sebelah pilihan ganda yang jika di-klik maka akan berwarna hitam.
  4. Kotak Centang, hampir mirip dengan Pilihan Ganda yang hanya membutuhkan satu kali klik untuk memberikan tanda, Kotak Centang memungkinkan responden untuk memilih beberapa jawaban alias bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Selain model jawaban yang bisa dipilih, Anda juga bisa meletakkan kolom yang memungkinkan responden dapat mengunggah file berupa foto maupun dokumen. Selain membuat formulir dalam bentuk tulisan, Anda juga bisa menyertakan foto dan video pada formulir yang Anda buat.

Setelah selesai membuat formulir yang berisi pertanyaan untuk responden, Anda bisa mengetuk tombol Kirim yang terletak di pojok atas. Anda bisa langsung membagikan link yang muncul kepada responden. Karena biasanya link awal yang muncul terlalu panjang, Anda bisa memperpendek link dengan cara centang Perpanjang URL.

Untuk melihat jawaban atau tanggapan yang diberikan oleh responden, Anda bisa meng-klik kolom Tanggapan yang terletak di sebelah kolom Pertanyaan.

Cara Menambahkan Pertanyaan

Untuk menambahkan pertanyaan pada lembar formulir yang sedang Anda kerjakan, caranya adalah sebagai berikut.

  1. Ketuk Untitled Question lalu isikan pertanyaan yang ingin Anda tanyakan kepada responden.
  2. Ketuk tombol ▼ untuk memilih model jawaban yang Anda inginkan.
  3. Tambahkan opsi jawaban jika Anda memilih model jawaban Pilihan Ganda dan Kotak Centang.
  4. Klik Required untuk menentukan apakah responden harus menjawab pertanyaan.
  5. Klik Add Question untuk menambahkan pertanyaan lebih banyak.
  6. Klik Duplicate untuk menambahkan salinan pertanyaan yang sudah dibuat.

Anda bisa melakukan Pratinjau untuk melihat bagaimana tampilan formulir Anda ketika dibuka oleh responden nantinya.

Cara membuat Google Formulir di atas mudah, bukan? Selain mudah, ada banyak sekali manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan Google Form sebagai pengganti formulir konvensional menggunakan kertas.

Tinggalkan komentar...