Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula

Cara Membuat Aplikasi Android Untuk Pemula

Di era digital ini, profesi sebagai Android developer memang sangat menjanjikan. Selain termasuk pekerjaan high demand, bayarannya juga tidak main-main. Tapi seperti apa sih pekerjaan pengembang Android itu? sederhananya, seorang Android developer harus memiliki skill mumpuni dalam membuat berbagai aplikasi berbasis Android. Jadi, tidak bisa dibilang pekerjaan mudah.

Meskipun begitu, faktanya tidak sedikit yang merasa tertarik untuk mulai mencoba terjun di dunia pengembangan perangkat Android, walaupun bukan basic-nya. Apalagi, saat ini Anda dapat menemukan berbagai informasi dan tutorial mengenai cara membuat aplikasi Android di internet. Kalau terus berlatih dengan giat, maka bukan tidak mungkin Anda akan menjadi programmer handal.

Persiapan Membuat Aplikasi Android

Bagi pemula yang belum paham dengan dunia programming. Perlu diketahui, bahwa untuk membuat sebuah aplikasi itu juga dibutuhkan apk khusus. Di bawah ini adalah beberapa aplikasi penting harus Anda install terlebih dahulu di device :

  • JDK

Java Development Kit atau JDK merupakan software yang digunakan membuat kompilasi bahasa program, khususnya Java ke Bytecode.

  • Android Studio

Aplikasi Integrated Development Environment ini juga harus diinstal di perangkat Anda. Android Studio menyediakan berbagai fitur seperti developer tools, editor kode Intellij, dan lain sebagainya.

  • Membuat Interface & Struktur Project

Apabila ini merupakan pertama kalinya Anda menggunakan Integrated Development Environment, maka langkah yang harus diambil adalah “Create an application”, yakni dengan klik kolom “Start a new Android Studio Project”.

  • Linear Layout

Selanjutnya, buatlah Linear Layout (kelompok tampilan sejajar satu arah, baik vertikal atau horizontal). Anda bisa menetapkan suatu arah sesuai keinginan dengan Linear Layout.

  • RelativeLayout

Terakhir adalah RelativeLayout, yang merupakan tampilan struktur kode untuk mengatur berbagai komponen di dalamnya.

2 Cara Membuat Aplikasi Android Manual

  1. Membuat Aplikasi Menggunakan Android Studio

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa cara membuat aplikasi Android dengan Adroid Studio adalah yang paling diminati oleh pengembang dari berbagai level. Android Studio sendiri adalah tools legal yang disupport penuh oleh Google. Saat ini Anda sudah bisa menggunakan versi terbarunya, yaitu 4.0 dengan fitur lebih lengkap, diantaranya adalah :

  • Instant run
  • Emulator
  • Smart code editor
  • Dsb
  1. Membuat Aplikasi via IDE Eclipse

IDE Eclipse adalah tool yang sempat booming beberapa waktu lalu. Khususnya sebelum Android Studio resmi diluncurkan di pasaran. Meskipun penggemarnya mulai berpindah ke Android Studio, namun masih cukup banyak Android developer yang bertahan dengan IDE Eclipse. Salah satu alasan pastinya adalah karena spek laptop/ komputer yang rendah.

Sebelum mulai mengaplikasikan cara membuat aplikasi Android online dengan IDE Eclipse, Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi di bawah ini :

  • Java JDK
  • Android Development Tools/ ADT Eclipse
  • Membuat AVD atau Android Virtual Device
  • Dsb

Cara Membuat Aplikasi Android Sederhana Tanpa Coding

Harus diakui, bahwa coding, khususnya bahasa pemrograman Java, merupakan hal terberat bagi seseorang yang baru saja belajar mengenai pengembangan Android. Tidak semua orang dapat menguasainya dalam waktu singkat. Namun sekarang Anda sudah tidak perlu merasa bingung lagi, karena sudah ada beberapa aplikasi Android tanpa coding yang bisa dijadikan referensi.

  1. Appy Pie

Situs ini adalah solusi pertama cara membuat aplikasi Android tanpa coding yang wajib dicoba. Dengan menggunakan Appy Pie, maka Anda tidak perlu mengunduh dan memasang aplikasi lagi. Tinggal manfaatkan fitur drag and drop yang terdapat di halaman website, dan Anda sudah dapat membuat aplikasi apa saja yang diinginkan.

Apabila aplikasi dirasa sudah layak untuk diterbitkan, maka tinggal publish ke Google Play Store, atau App Store. Jadi, Appy Pie ini bukan hanya bisa digunakan oleh perangkat Android saja, tapi juga iOS. Menariknya lagi, di platform Appy Pie juga sudah tersedia fitur untuk membuat mobile game. Tentunya ini kabar gembira untuk pecinta game online.

Pihak Appy Pie menyediakan 4 paket, yaitu Free, Basic, Gold, serta Platinum. Pada paket Free, fitur yang bisa diakses cukup terbatas, karena hanya bisa dipakai membuat aplikasi HTML5 serta Android. Namun jangan khawatir, untuk upgrade paket biayanya juga sangat murah, yakni $7/ bulan untuk Basic, $19/ bulan paket Gold, dan $33/ bulan paket Platinum.

  1. Appery.io

Situs ini merupakan salah satu pencetus fitur pengembangan aplikasi perangkat mobile enterprise terbaik di dunia. Appery.io menyediakan backed service yang sangat bagus, serta dilengkapi berbagai plugin API yang berfungsi menyederhanakan integrasi, khususnya dengan sistem enterprise, dan cloud service. Jadi, bisa dibilang sangat worth to use.

Kombinasi pengembangan visual serta ketajaman JavaScript di Appery akan membantu pengguna dalam membuat aplikasi dengan cepat. Appery sendiri sudah diakui sebagai pengembang aplikasi paling bagus di dunia. Hal ini dibuktikan dimuatnya nama Appery di berbagai situs ternama seperti SDTimes, InfoWorld, infoTech, dan lain sebagainya.

Appery menyediakan 5 pilihan paket yang dapat Anda gunakan, yaitu Starter, Standard, Pro, Premium, serta Enterprise. Untuk pemula, bisa mencoba paket Starter yang bisa dipakai gratis, dan levelnya juga lebih mudah. Namun, Anda hanya bisa membuat 1 aplikasi 3 halaman, dengan akses maksimal 1.000.000 API Call, dan penyimpanan 1 GB saja.

Appery.io hadir dalam bentuk web base, sehingga pengguna tidak perlu untuk mengunduh aplikasi tertentu lagi. Karena yang dibutuhkan hanyalah browser atau peramban saja. Di aplikasi web base juga telah tersedia berbagai fitur seperti editor visual untuk drag & drop plugin, ekspor file dalam bentuk aplikasi berbasis Android maupun iOS, dan banyak lagi.

  1. AppMachine

Sama seperti Appery, AppMachine juga berbasis situs website. Pengguna bisa membangun aplikasi untuk perangkat Android, atau iOS menggunakan fitur user interface terbaik melalui AppMachine. Selain itu, ada juga fitur lain seperti building block, drag and drop, dan lain sebagainya.

Satu-satunya kekurangan dari AppMachine adalah karena biaya berlangganannya yang cukup menguras isi dompet. Untuk bisa menikmati berbagai fiturnya, maka Anda harus registrasi paket Plus dengan harga $49. Meskipun begitu, bisa juga mencoba paket Basic terlebih dahulu yang dibanderol seharga $19 (khusus membuat HTML5 app).

  1. Good Barber

Platform Android builder satu ini terkenal dengan pilihan tema yang beraneka ragam. Anda dapat menemukan tema seperti apa saja yang diinginkan. Ada ratusan tema dengan desain menarik yang bisa dipakai pengguna. Selain itu, ada juga fitur 600 Font Google yang akan membuat app tampak lebih cantik. Hanya saja, Anda harus membayar mulai $32/ bulan.

Cara membuat aplikasi Android yang dapat dipilih oleh pemula ada 2 metode, pertama native coding (membuat bahasa program secara manual dengan aplikasi Android Studio, atau IDE). Kedua, menggunakan platform dari pihak ketiga seperti Appy Pie, dan sejenisnya. Jadi, sebenarnya cukup opsional sekali. Sehingga pemula tidak perlu merasa ragu lagi untuk belajar membuat aplikasi.

Fihit Li
Bagikan artikel ini jika bermanfaat

Tulis komentar...

Scroll to top