Skip to content

Cara Membatalkan Pesanan Grabcar

Grabcar merupakan salah satu layanan aplikasi ojek online Grab yang bisa digunakan untuk transportasi menggunakan mobil. Anda bisa memesan Grabcar dengan mudah seperti memesan Grab Bike biasa, hanya saja menggunakan mobil. Namun, pernahkah Anda melakukan pembatalan pesanan Grabcar karena alasan tertentu? Jika pernah, pasti Anda sudah tahu bagaimana cara cancel Grabcar.

Ada banyak kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh layanan Grabcar dari Grab, karena setiap driver atau pengendara yang hendak mendaftar haruslah memenuhi kualifikasi. Hampir semua mobil yang terdaftar di Grabcar merupakan mobil yang memiliki AC di dalamnya. Jika melakukan pembatalan pesanan, Anda harus melakukannya sesuai prosedur dengan penuh kehati-hatian.

Cara Cancel Grabcar yang Tepat Agar Rating Pengendara Tetap Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk melakukan pembatalan pesanan Grabcar, pengguna perlu memberikan alasan yang tepat dan sesuai kondisi. Pembatalan pesanan Grabcar akan berdampak pada rating pengemudinya yang akan berakibat pada keamanan akun driver.

Jika Anda adalah seorang penumpang yang hendak melakukan pembatalan dengan alasan khusus yang tidak berkaitan sama sekali dengan kualitas pelayanan driver, maka sangat disarankan untuk berhati-hati saat melakukan cancel pesanan Grabcar. Begitu juga jika Anda adalah pengemudi yang ingin membatalkan pesanan karena alasan tertentu.

Sebisa mungkin, jangan pernah lakukan cancel pesanan Grabcar jika tidak ada alasan yang sangat kuat untuk melakukannya. Agar Anda tidak melakukan kesalahan pada proses pembatalan pesanan, berikut cara cancel pemesanan Grabcar yang harus Anda perhatikan dengan saksama.

  1. Jika Anda seorang penumpang, cancel pesanan Grabcar dan berikan alasan yang baik, sesuai dengan kondisi. Anda bisa meng-klik alasan pembatalan pada dialog box yang muncul. Jika daftar alasan Anda tidak tersedia, silakan gunakan text box untuk mengutarakan alasan. Sertakan maaf di kolom pesan yang tersedia, lalu klik Kirim.
  2. Jika Anda adalah seorang pengemudi, cara membatalkan Grabcar bisa langsung dilakukan dengan masuk ke aplikasi Grabcar kemudian klik halaman Telah dikonfirmasi.
  3. Ketuk rute yang sudah dikonfirmasi sebelumnya seperti di awal pemesanan penumpang.
  4. Klik simbol amplop atau ikon pesan, kemudian tulis pesan pembatalan yang Anda lakukan dengan bahasa yang sopan disertai dengan kata maaf dan alasan Anda melakukan pembatalan pesanan. Lakukan pengiriman pesan pembatalan secara cepat setelah melakukan pembatalan.
  5. Anda juga bisa menggunakan ikon telepon untuk meminta maaf kepada penumpang secara langsung lewat panggilan. Cara ini dipandang lebih sopan karena penumpang akan merasa dihargai dan layanan driver terpandang sangat baik.
  6. Silakan klik Batalkan Pemesanan setelah Anda melakukan komunikasi dengan penumpang untuk menjelaskan alasan pembatalan.
  7. Pilih alasan Anda melakukan pembatalan perjalanan dengan penumpang pada dialog box yang muncul. Jika alasan yang Anda ingin katakan tidak tersedia pada pilihan dialog box, masukkan alasan tersebut pada text box  yang tersedia. Sebisa mungkin berikan alasan sesuai dengan kenyataan dan tidak mengada-ada.
  8. Klik Konfirmasi untuk melanjutkan proses pembatalan pesanan Grabcar.
  9. Pesanan Grab telah dibatalkan.

Faktor Penyebab Cancel Grabcar oleh Pengemudi

Tentunya ada beberapa faktor yang melatarbelakangi adanya pembatalan pesanan Grabcar yang sudah disetujui. Seperti alasan yang terdapat pada dialog box yang muncul saat melakukan pembatalan pesanan oleh pengemudi, beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal itu bisa dilakukan, antara lain:

  • Penumpang Tidak Kunjung Muncul

Faktor pertama yang sering dialami oleh pengemudi Grabcar saat membatalkan pesanan adalah karena penumpang yang melakukan pesanan tidak kunjung muncul dan menghampiri driver. Hal ini tentu merugikan driver, karena pastinya ada order yang ia lewatkan saat menunggu penumpang tersebut.

Alasan ini juga dilakukan oleh para pengemudi yang menerima order fiktif atau order palsu dari penumpang. Selain itu, penumpang yang tidak bisa dihubungi saat pengemudi sudah tiba di lokasi, juga menjadi penyebab alasan ini disampaikan oleh para driver saat cancel pesanan.

  • Lokasi Maps Tak Ditemukan

Sering kali lokasi tujuan serta lokasi penjemputan tidak ditemukan pada maps. Hal ini bisa terjadi jika lokasi yang dikirimkan tidak sesuai lokasi yang sebenarnya. Misal, lokasi A yang dikirimkan ketika ditelusuri ternyata buntu. Hal ini sering dialami oleh para driver saat mendapatkan pesanan Grabcar yang mengakibatkan mereka melakukan cancel order.

  • Kendaraan Mogok

Kesalahan ini mungkin tidak dapat diperhitungkan sebelumnya karena bisa terjadi begitu saja. Jika Anda mengalami kendaraan mogok, maka cancel pesanan tidak akan memengaruhi rating Anda sebagai driver Grabcar, asalkan Anda juga meminta maaf kepada penumpang agar penumpang tidak memberikan rating buruk.

  • Jadwal Driver Berubah

Mungkin alasan yang satu ini tidak banyak dijumpai oleh para driver Grabcar, namun pasti ada yang pernah mengalaminya. Sampaikan jika memang Anda mengalami perubahan jadwal saat memiliki pesanan perjalanan.

Selain beberapa faktor yang sesuai dengan dialog box sebagai alasan pembatalan pesanan Grabcar, masih ada banyak faktor dan masalah lain yang menjadi penyebabnya. Beberapa di antaranya adalah aplikasi yang tiba-tiba eror, kesalahan saat mengambil pesanan, maps yang tiba-tiba eror, dan masih banyak yang lainnya.

Faktor pembatalan seperti ini bisa disampaikan pada text box yang muncul saat melakukan cancel order. Namun, perlu Anda pahami bahwa setiap pembatalan pesanan yang Anda lakukan akan ditelusuri secara detail oleh pihak Grab. Jadi, pastikan Anda membatalkan pesanan jika memang benar-benar tidak bisa melanjutkan pemesanan.

Dampak dari Cancel Order Grabcar

Setiap perjalanan yang Anda terima setiap harinya, Grab akan melakukan evaluasi untuk mengukur kualitas dan dedikasi Anda untuk melayani penumpang dengan sepenuh hati. Melakukan pembatalan pesanan secara terus-menerus dalam jumlah yang banyak akan dapat meragukan kepercayaan pihak Grab kepada Anda.

Akibatnya, Anda bisa dikenai sanksi atau tindakan yang dapat mengancam status Anda sebagai driver Grabcar yang terdaftar di Grab. Agar hal ini tidak terjadi, Anda harus mempertimbangkan secara matang sebelum melakukan pembatalan pesanan penumpang. Sangat baik bagi catatan Anda di Grab jika tidak pernah melakukan pembatalan pesanan.

Sedikit tips untuk Anda, jangan terima order begitu saja jika detail perjalanan calon penumpang membuat Anda ragu. Selain itu, jangan rebutan dengan penumpang yang muncul di aplikasi, karena bisa saja perjalanan yang diminta akan menyulitkan Anda. Pertimbangkan juga dengan tanggal, jam, serta rute perjalanan yang cocok dengan kondisi Anda saat ini.

Anda juga bisa mendatangi kantor Grab secara langsung atau menghubungi Call Center Grab untuk menanyakan detail informasi pembatalan pesanan agar akun Anda tetap aman dan tetap bisa bekerja sebagai driver Grabcar.

Bagi penumpang, hendaknya tidak melakukan pembatalan pesanan dengan menyertakan alasan yang dapat menjatuhkan driver, kalau memang alasan Anda membatalkan pesanan adalah alasan keperluan pribadi. Ingatlah untuk selalu memerhatikan sesama, karena mungkin cancel order yang Anda lakukan akan sangat berpengaruh terhadap profesi seseorang.

Cara cancel Grabcar bisa Anda gunakan jika sewaktu-waktu Anda mengalaminya. Selalu utamakan edukasi dan pengetahuan sebelum melakukan sesuatu, agar dampak yang ditimbulkan tidak merugikan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.