Skip to content

Cara Hack Akun Instagram Beserta Cara Mengatasinya

Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang banyak digunakan, mulai dari kalangan muda hingga tua dari berbagai profesi. Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan di Instagram, mulai dari berbagi foto dan video hingga bisnis di akun Instagram. Adanya banyak keuntungan dari banyaknya followers IG menjadikan banyak orang mencari cara hack akun Instagram.

Hack akun Instagram sering dijadikan cara agar bisa mendapat followers dengan cepat tanpa menunggu waktu yang lama. Namun perbuatan tersebut tidak dibenarkan selama tujuannya memang mencuri followers atau berbuat kejahatan. Tutorial hack akun IG di bawah ini ditujukan bagi Anda yang curiga dengan orang terdekat dan ingin menyelidikinya melalui akun Instagram.

Cara Hack Akun Instagram

Sekali lagi, tutorial yang akan dibagikan di bawah ini tidak diperkenankan untuk digunakan sebagai tindakan kejahatan. Gunakanlah dengan bijak pengetahuan yang telah Anda dapat dari mana saja untuk keperluan yang tidak merugikan orang lain dan diri sendiri.

Berikut beberapa langkah yang Anda harus kerjakan untuk meng-hack akun Instagram dengan mudah.

  1. Klik menu Forgot your login details? Get help signing in saat berada di menu awal login akun Instagram.
  2. Ketikkan nama akun Instagram yang ingin Anda hack pada kolom yang disediakan, lalu klik Next.
  3. Pada metode akses akun yang ditampilkan pada langkah selanjutnya, sebaiknya pilih WhatsApp.
  4. Buka link pemulihan yang telah dikirim pihak Instagram ke akun WhatsApp yang terhubung dengan nomor pada Instagram.
  5. Setelah link terbuka, atur password baru pada kolom yang tersedia, lalu klik Atur Ulang Kata Sandi.
  6. Login ke akun Instagram yang Anda hack dengan password baru yang Anda buat tadi.
  7. Jika berhasil login, pilih metode nomor HP untuk mengirim kode keamanan, lalu klik Send Security Code.
  8. Masukkan kode keamanan yang telah dikirim ke nomor yang terhubung dengan Instagram, isikan pada kolom yang disediakan, kemudian klik Submit.
  9. Tunggu proses login selesai.

Untuk meng-hack dengan cara ini hanya bisa digunakan jika ponsel korban berada dalam pengawasan Anda. Pastikan hilangkan jejak seperti WhatsApp atau SMS yang berkaitan dengan proses hack Anda agar korban tidak menaruh curiga pada Anda.

Cara Menghindari Hack Instagram

Maraknya kasus hack dengan cara pemula maupun dengan metode programming, menjadikan kita was-was dan cemas karena bisa jadi target selanjutnya adalah kita. Untuk itu, terdapat cara sederhana untuk mengamankan akun Instagram agar para hacker tidak bisa meretas akun Anda.

Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengamankan akun Instagram dari jangkauan hacker.

  1. Gunakan password yang unik, hindari menggunakan password tanggal lahir, nama Anda, atau hal-hal lain yang orang lain ketahui. Kombinasikan antara huruf, angka, dan simbol yang diperbolehkan agar password Anda unik.
  2. Aktifkan opsi keamanan Autentikasi Dua Faktor pada pengaturan. Pilih nomor telepon agar lebih aman.
  3. Jangan pernah mengambil opsi simpan password saat Anda login karena sangat berisiko tinggi.
  4. Hapus riwayat login Anda saat login dengan perangkat orang lain.
  5. Jangan mudah terpancing dengan iklan-iklan berhadiah atau program kejutan yang lainnya, karena bisa jadi itu adalah cara hacker ingin mengetahui informasi akun Anda.
  6. Jangan gunakan aplikasi Instagram yang tidak resmi alias aplikasi Instagram pihak ketiga seperti auto likes, auto followers, dan yang lainnya.

Cara Mengetahui Akun Instagram Kena Hack

Ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan jika akun Instagram Anda telah diretas orang lain. Beberapa di antaranya yang mungkin terjadi adalah sebagai berikut.

  1. Mendadak Logout Akun dan Tidak Bisa Login

Akun Instagram yang dibuka pada smartphone tidak akan logout sendiri kecuali Anda memang melakukan logout atau menghapus data beserta cache aplikasi. Jika Anda tiba-tiba mengalami logout tanpa merasa pernah logout atau menghapus data serta tidak bisa mengaksesnya, besar kemungkinan akun Anda telah diretas.

  • Perubahan pada Akun

Untuk mengecek kondisi akun Anda ketika tidak bisa mengaksesnya adalah dengan mencari akun Anda pada akun Instagram teman. Jika terdapat perubahan pada akun Anda, seperti foto profil, tautan, serta biodata Anda, pasti akun Anda telah mengalami peretasan.

  • Unggahan tanpa Sepengetahuan dan Foto Terhapus

Banyak orang yang melakukan cara hack akun Instagram untuk mendapatkan followers aktif yang banyak secara instan. Setelah meretas akun Instagram, biasanya mereka akan menghapus foto-foto yang pernah diunggah oleh akun tersebut.

Jika Anda mendapati akun tiba-tiba membuat status atau foto unggahan Anda terhapus, maka akun Anda sudah diretas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Cara Mengembalikan Akun yang Kena Hack

Tak perlu khawatir jika akun Anda diretas oleh oknum iseng atau memang sengaja. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan akun yang kena hack.

  1. Masih Bisa Mengakses Akun Instagram

Sering kali hacker masuk ke akun Instagram orang lain karena iseng dan mereka mengetahui cara login ke akun Anda tanpa mengubahnya. Jika kondisi ini Anda dapatkan, maka akun Anda masih dibilang kategori aman karena Anda masih bisa login namun Anda merasa diretas.

Untuk mengamankan akun Anda, silakan ganti password ke password baru yang lebih unik dan aman. Selain itu, aktifkan Autentikasi Dua Faktor pada menu pengaturan keamanan.

  • Password Diganti namun Email dan Nomor HP Masih Utuh

Jika masalah peretasan akun hanya ada pada password yang terganti, Anda bisa memanfaatkan email atau nomor HP yang masih terhubung dengan akun Anda. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan cara hack akun Instagram di atas untuk mengembalikan akun Anda sendiri.

  • Email Diganti

Jika peretasan sampai pada penggantian email pemulihan, maka Anda akan menerima pemberitahuan oleh pihak Instagram melalui email yang pernah terhubung dengan akun tersebut.

Untuk mengembalikannya, silakan ikuti petunjuk berikut ini.

  • Buka email Anda dan periksa Kotak Masuk atau Inbox.
  • Cari pesan yang dikirim oleh Instagram berjudul Email Changed on Instagram.
  • Klik link Revert This Change yang akan membatalkan pengubahan email oleh hacker.
  • Anda akan dibawa pada halaman konfirmasi akun. Klik Kirim Kode Keamanan untuk mendapatkan kode melalui email.
  • Buka Inbox email kemudian salin kode keamanan yang dikirimkan oleh Instagram.
  • Masukkan kode keamanan yang disalin pada kolom Masukkan Kode Keamanan, kemudian klik Kirim.
  • Pada laman konfirmasi data, klik tombol No, Secure My Account karena hacker sudah melakukan perubahan pada email akun.
  • Buat kata sandi baru yang lebih unik pada kolom yang disediakan, lalu klik Kirim.
  • Setelah muncul permintaan Tinjau Profil Anda, silakan klik Tinjau Profil.
  • Akun Anda sudah kembali seperti semula.

Dengan adanya beberapa tips-tips cara hack akun Instagram beserta cara mengatasinya, Anda bisa mulai waspada dengan mengamankan akun Instagram dari sekarang.  Utamakan untuk tidak mengisikan data pribadi yang vital agar lebih aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published.