Cara Daftar Internet Bank BCA

Memiliki rekening tabungan, menjadi kebutuhan bagi banyak orang saat ini. Bukan hanya menjadi alat simpan uang saja, tetapi bisa digunakan juga sebagai transaksi. Internet banking adalah media transaksi yang tepat untuk penyimpanan digital. Anda bisa mempelajari cara daftar internet Bank BCA saat ini.

Segala jenis kegiatan transaksi dan kebutuhan bisa diselesaikan dengan rekening, misalnya rekening Bank BCA. Hadirnya Internet Banking BCA juga memberi banyak kemudahan lagi bagi setiap nasabah bank tersebut. Nasabah bisa melakukan transaksi apa saja dan di mana saja dengan e-Banking BCA.

Cara Daftar Internet Bank BCA

Ada bebetapa cara yang bisa Anda lakukan dalam mendaftar e-Banking BCA ini, yang di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Cara Daftar Internet Bank BCA Lewat ATM

Internet banking dari Bank BCA dengan Mobile BCA tidak sama, karena dibutuhkan token untuk melakukan transaksi di e-Banking BCA. Sedangkan Mobile BCA tidak memerlukan token sama sekali. Untuk Mobile BCA ini Anda bisa bertransaksi lewat HP dengan lebih mudah.

Bagi Anda yang ingin menggunakan layanan Internet Banking BCA maka Anda bisa menggunakan cara pendaftaran lewat ATM saja, dengan cara sebagai berikut:

  • Datang ke gerai ATM BCA terdekat dan masukkan kartu ATM di mesin ATM.
  • Lalu pilih Bahasa untuk proses pendaftaran yang akan dilakukan. Untuk memudahkan proses, pilih Bahasa Indonesia. Kemudian masukkan PIN ATM Anda sebanyak 6 digit angka.
  • Ada beberapa menu pilihan di layar dan Anda bisa memilih menu Daftar E-Banking, atau pilih menu Transaksi Lainnya.
  • Kemudian buat PIN untuk e-Banking ini sebanyak 6 digit angka.
  • Lalu masukkan ulang PIN yang sudah Anda tentukan.
  • Jika sudah, akan muncul User ID yang nanti akan dipakai untuk login ke Internet Banking BCA.
  • Setelah itu Anda akan menerima struk User ID. User ID dan PIN tersebut nantinya akan digunakan untuk melakukan transaksi melalui e-Banking BCA. Namun, Anda harus melakukan aktivasi terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakannya.

2. Cara Mendapatkan KeyBCA dengan Datang ke Bank BCA

KeyBCA menjadi kunci utama untuk melakukan transaksi via e-Banking tanpa ATM. Tanpa ada KeyBCA tersebut maka akun e-Banking BCA Anda hanya bisa dipakai untuk mengecek saldo dan mutasi rekening saja.

Transaksi di luar ini tidak bisa dilakukan karena tidak adanya KeyBCA tersebut. KeyBCA ini bisa diperoleh di kantor cabang Bank BCA terdekat. Kemudian aktifkan KeyBCA supaya Anda bisa melakukan transaksi. Berikut ini cara memperoleh KeyBCA di Bank BCA:

  • Siapkan KTP, buku tabungan, hingga kartu ATM Anda untuk memperoleh KeyBCA tersebut.
  • Datang ke kantor cabang BCA dan beritahu Customer Service bahwa Anda ingin melakukan aktivasi e-Banking BCA. KeyBCA ini nantinya akan menjadi otentikasi dari semua transaksi yang dilakukan, dengan memakai layanan e-Banking BCA tersebut.

3. Cara Mengaktivasi KeyBCA secara Online

  • Pertama-tama, buka situs  https://ibank.klikbca.com/ terlebih dahulu atau bisa juga melalui aplikasi BCA Mobile di menu KlikBCA. Setelah itu pilih menu Administration kemudian pilih lagi menu Key BCA Activation.
  • Lalu masukkkan 16 digit nomor seri yang ada di kartu ATM dan seri KeyBCA yang sudah ditampilkan di form tersebut.
  • Masukkan PIN baru untuk KeyBCA sebanyak 6 digit beserta passwordnya lalu ulangi untuk di konfirmasi. Jika sudah berhasil maka masukkan 1 angka lagi untuk melanjutkan, nanti akan muncul lagi kode di token KeyBCA.
  • Selanjutnya masukkan kode yang ada di alat KeyBCA dan pilih menu Kirim, sehingga proses pendaftaran e-Banking bisa berlanjut.
  • Aktivasi pun sudah berhasil jika sudah muncul kalimat Aktivasi Anda Telah Berhasil Dilakukan.

Keuntungan Menggunakan Internet Banking BCA

Ada banyak keuntungan yang akan Anda peroleh jika menggunakan Internet Banking BCA. Berbagai kemudahan juga ditawarkan oleh BCA untuk setiap nasabahnya dalam pemakaian Internet Banking BCA. Berikut ini keuntungan menggunakan Internet Banking BCA:

  1. Tidak perlu repot untuk datang ke bank atau ATM, selama Anda memiliki e-Banking BCA. Anda bisa mengakses KlikBCA di mana saja dan kapan saja.
  2. Manfaatkan jaringan internet baik di kantor maupun di rumah dengan mengunduh aplikasi KlikBCA yang terdapat di Playstore.
  3. Layar aplikasi tersebut dirancang serupa dengan ATM sehingga Anda bisa mengoperasikannya dengan mudah.
  4. Nasabah juga bisa melakukan pemblokiran dari Internet Banking BCA apabila ATM BCA mereka hilang.

Tips Menjaga Keamanan Data di Internet Banking

Semakin canggihnya teknologi, keamanan data secara digital semakin harus dijaga dengan baik. Banyak sekali modus jual beli data nasabah bank atau pemilik kartu kredit. Jual beli data secara digital ini diperjualbelikan melalui situs/website yang ilegal.

Maka, Anda harus tahu bagaimana cara menjaga keamanan data di internet banking misalnya e-Banking BCA dengan cara berikut ini:

1. Menghindari Akses serta Transaksi Melalui Website/Aplikasi/Email yang Tak Dikenal

Mungkin Anda juga sering menerima email, banner iklan, atau promosi online yang tak dikenal dengan iming-iming tertentu. Berhati-hatilah dengan aplikasi yang meminta akses secara berlebihan dan tidak relevan dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan.

2. Mengganti PIN dan Kode Akses dengan Cara Berkala

PIN dan juga kode akses yang Anda miliki adalah pengamanan awal yang harus dijaga setiap kali Anda mengakses akun e-Banking BCA Anda. Maka pakailah huruf/angka yang cukup unik supaya tak mudah ditebak.

Tujuannya adalah agar Anda terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan seperti misalnya data yang dicuri, maka gantilah PIN dengan kode akses tersebut secara berkala.

3. Hati-hati Saat Menggunakan Free Wi-Fi atau Wi-Fi Publik

Biasanya koneksi internet yang berasal dari free Wi-Fi atau Wi-Fi publik tidak aman. Bahkan hal itu bisa dimanfaatkan oleh hacker dengan melakukan login ke akun e-Banking Anda.

Pastikan Anda menggunakan URL bank yang dimulai dengan https://, yang artinya website tersebut aman digunakan. Untuk melakukan transaksi perbankan sebaiknya gunakan jaringan seluler saja dan tidak memakai Wi-Fi publik.

4. Jangan Menggunakan Login secara Otomatis

Browser akan menyimpan nama pengguna dan juga kata sandi ketika menggunakan login otomatis. Hal ini juga akan memungkinkan rekening bank bisa diakses dengan mudah oleh orang lain.

5. Update Komputer dan Ponsel

Mengupdate aplikasi di komputer atau HP memang membutuhkan waktu beberapa menit hingga jam. Namun, Anda harus selalu mengupdate komputer dan HP Anda supaya Anda memiliki perlindungan terbaru pada pelanggaran keamanan yang mungkin terjadi.

6. Mengamankan Perangkat Seluler

Manfaatkan juga seluruh langkah keamanan di smartphone Anda khususnya untuk pengguna Mobile Banking. Pastikan Anda sudah menguncinya dengan PIN, sidik jari atau fitur pengenalan wajah. Maka orang lain akan sulit mengakses smartphone Anda ketika Anda sedang lengah.

Masih banyak lagi cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk melindungi keamanan data dan uang yang tersimpan di rekening Anda, dengan cara-cara digital yang ilegal. Namun, pastikan juga bahwa Anda sudah mengikuti langkah dalam cara daftar internet Bank BCA dengan benar.

Komala Dewi
Latest posts by Komala Dewi (see all)