Cara Cek Keberangkatan Haji yang Mudah dan Simpel

Advertisement

Indonesia memiliki jumlah kuota keberangkatan haji yang paling banyak di antara negara-negara mayoritas penduduk muslim di dunia. Untuk bisa bertolak ke Mekah untuk melaksanakan haji, calon jemaah yang sudah mendaftar harus menunggu jadwal keberangkatan. Cara mengecek keberangkatan haji kini juga sudah dipermudah oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

Bertambahnya para pendaftar haji menyebabkan antrean keberangkatan haji juga menjadi semakin panjang, meski kuota yang dimiliki sudah semakin besar. Untuk bisa berangkat haji ke Mekah, seorang jamaah haji membutuhkan setidaknya 20 tahun. Melalui nomor porsi yang didapatkan saat setoran awal, Anda bisa mengecek informasi mengenai keberangkatan haji.

Cara Mengecek Keberangkatan Haji Melalui Situs Resmi Kemenag

Kementerian Agama sebagai pihak yang mengatur keberangkatan jemaah haji dari dalam negeri, memberikan kemudahan berupa pengecekan keberangkatan haji lewat nomor porsi. Cara mengecek keberangkatan dengan nomor porsi bisa dilakukan melalui situs resmi Kemenag RI.

Advertisement

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk melakukan pengecekan keberangkatan haji melalui situs Kemenag RI.

  1. Buka situs Kemenag RI untuk melakukan pengecekan keberangkatan dengan nomor porsi.
  2. Pilih menu dropdown Basis Data.
  3. Ketuk pilihan Perkiraan Keberangkatan.
  4. Isikan nomor porsi keberangkatan haji yang Anda dapatkan sewaktu melakukan setoran awal, ke dalam kolom yang disediakan.
  5. Ketuk tombol Cari.
  6. Situs akan menampilkan informasi mengenai keberangkatan haji Anda secara detail dan lengkap.

Cara Cek Keberangkatan Haji dengan Aplikasi

Selain situs resmi Kemenag, ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek informasi mengenai keberangkatan haji Anda. Kini telah tersedia banyak aplikasi yang menyediakan fitur pengecekan keberangkatan haji melalui nomor porsi yang didapatkan.

1. Cek Porsi Haji

Salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah aplikasi Cek Porsi Haji yang bisa diinstall di Google Play Store secara gratis. Meskipun melakukan pengecekan dengan menggunakan aplikasi, informasi yang didapatkan tetaplah merupakan informasi resmi dari Kementerian Agama RI. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir mengenai kebenaran informasi yang ditampilkan.

Cara mengecek keberangkatan haji dengan aplikasi Cek Porsi Hajiadalah sebagai berikut.

Advertisement
  1. Install aplikasi Cek Porsi Haji terlebih dahulu di Google Play Store.
  2. Buka aplikasi tersebut, lalu pilih menu Cek Porsi Haji.
  3. Masukkan nomor porsi yang sudah Anda terima ke dalam kolom yang disediakan sebanyak 10 digit.
  4. Ketuk tombol Submit untuk memulai pengecekan.
  5. Informasi lengkap mengenai keberangkatan haji Anda akan ditampilkan, mulai dari nama, tanggal perkiraan keberangkatan, asal kota / kabupaten, jumlah kuota provinsi tempat tinggal Anda, serta kuota yang ada di provinsi tempat Anda tinggal.

2. Haji Pintar

Selain aplikasi Cek Porsi Haji, ada aplikasi lain yang bisa Anda gunakan untuk mengecek keberangkatan haji menggunakan nomor porsi. Aplikasi ini bernama Haji Pintar yang merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Kemenag RI pada tahun 2015. Selain bisa digunakan untuk mengecek keberangkatan, aplikasi ini juga memiliki fitur lain yang sudah ditambahkan.

Beberapa fitur lain yang dimiliki aplikasi ini, antara lain:

  • Melihat biaya pelunasan yang harus dibayarkan oleh calon jamaah haji dengan tampilan rinci.
  • Melihat status istitaah kesehatan calon jamaah haji.
  • Materi manasik haji yang bisa dilihat calon jamaah haji untuk dipelajari dengan mudah karena sudah diperbarui ke versi terbaru.
  • Keuangan haji yang dimiliki oleh setiap embarkasi.
  • Prosedur pendaftaran, prosedur pelunasan, serta pelayanan haji.

Selain beberapa fitur di atas, bagi Anda yang belum mendaftar serta berniat mendaftar haji melalui agen travel juga bisa melakukan pengecekan daftar travel yang terpercaya untuk melayani keberangkatan umrah atau haji khusus melalui aplikasi Haji Pintar ini. Seperti yang diketahui, banyak sekali agen travel yang melakukan penipuan dengan modus keberangkatan haji.

Para penyelenggara perjalanan umrah dan haji khusus yang ditampilkan oleh aplikasi Haji Pintar telah mendapatkan izin resmi oleh Kemenag. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi merasa khawatir ketika hendak menggunakan agen travel umrah dan haji khusus.

Cara mengecek keberangkatan haji melalui aplikasi Haji Pintar cukup mudah, yakni sebagai berikut:

Advertisement
  1. Install aplikasi Haji Pintar di smart phone Anda terlebih dahulu.
  2. Jalankan aplikasi untuk membuka menu aplikasi.
  3. Klik menu Estimasi Keberangkatan yang muncul di tampilan awal.
  4. Isikan nomor porsi haji yang sudah Anda dapatkan sebelumnya.
  5. Ketuk tombol Submit.
  6. Informasi mengenai estimasi keberangkatan akan ditampilkan secara rinci.

Informasi estimasi yang akan ditampilkan mencakup nomor porsi, nama calon jamaah, tahun estimasi keberangkatan haji, asal kota atau kabupaten tempat pendaftar haji tinggal, jumlah kuota yang dimiliki oleh provinsi tempat pendaftar tinggal, serta posisi porsi pada kuota provinsi.

Mengapa Pengecekan Keberangkatan Haji Perlu Dilakukan?

Mungkin pertanyaan tersebut terbesit dalam pikiran Anda, karena rata-rata pendaftar haji di Indonesia adalah pendaftar yang baru pertama kali mendaftar haji. Dari tahun ke tahun jumlah pendaftar haji semakin meningkat di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

Banyaknya pendaftar dari tahun ke tahun menyebabkan penumpukan calon jamaah haji dan mengakibatkan adanya antrean yang semakin mengular. Di tahun 2019, Indonesia mendapatkan jatah kuota keberangkatan haji dari pemerintah Arab Saudi sebanyak 231 ribu yang dibagi ke dalam haji reguler sebanyak 214 ribu dan haji plus sebanyak 17 ribu.

Karena adanya hal ini, pendaftar haji tidak bisa langsung berangkat ke Mekah dalam waktu dekat untuk melaksanakan haji, karena sudah dijadwal melalui antrean yang ditentukan. Tak hanya satu tahun dua tahun, calon jemaah haji bisa menunggu berpuluh-puluh tahun agar bisa berangkat haji.

Rata-rata jemaah haji dari Indonesia melakukan keberangkatan haji ke Arab Saudi setelah 20 tahun melakukan pendaftaran, meski ada juga yang melebihi 20 tahun menunggu antrean. Pengecekan keberangkatan haji perlu dilakukan agar calon jemaah haji yang sedang dalam tahap mengantre bisa mengetahui kapan ia akan berangkat haji.

Dengan begitu, ketika jadwal keberangkatan sudah mendekati, calon jemaah bisa mempersiapkan segala keperluan ibadah haji dan segala hal yang berkaitan. Selain itu, menurut informasi yang beredar, dari kuota jemaah haji yang dimiliki Indonesia berjumlah 231 ribu tersebut, tidak semuanya terserap setidaknya terdapat sekitar 524 kuota.

Advertisement

Kondisi tersebut tentu sayang disayangkan, mengingat proses antre untuk bisa berangkat haji ke Mekah membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan sampai berpuluh-puluh tahun. Tentunya selain sebagai persiapan, Anda juga perlu mengecek estimasi keberangkatan haji Anda karena hal tersebut.

Keberangkatan haji Anda bisa jadi berubah-ubah setiap tahunnya karena hal ini. Selain kuota yang tidak terserap, perubahan jadwal keberangkatan juga bisa disebabkan oleh hal lain, seperti jamaah sudah dalam kondisi sakit sebelum berangkat, dalam kondisi hamil, pengurangan kuota haji karena renovasi Masjidil haram, dan kemungkinan yang lainnya.

Dengan mengetahui estimasi keberangkatan, Anda juga bisa menyiapkan biaya pelunasan BPIH serta memantapkan pengetahuan mengenai ibadah haji melalui manasik haji yang dilakukan.

Cara mengecek keberangkatan haji akan sangat membantu Anda dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan keberangkatan haji Anda. Dengan persiapan yang matang, ibadah Anda akan menjadi lebih khusyuk.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)