12 Aplikasi Record PC Gratis Terbaik (Tanpa Watermark)

12 Aplikasi Record Pc Terbaik Tanpa Watermark Gratis

Aplikasi Record PC adalah perangkat lunak yang biasanya dipakai oleh orang-orang yang gemar berbagi pengalaman mengenai hal tertentu. Pengalaman tersebut berkaitan dengan cara memecahkan masalah pada komputer atau PC. Mereka akan merekam layar yang berisi cara-cara pemecahan masalah yang bisa diikuti serta lebih mudah dipahami.

Aplikasi record layar PC tersebut juga dipakai untuk merekam kegiatan bermain game, live streaming dan video call. Saat ini banyak aplikasi record layar laptop atau PC dengan dibekali fitur-fitur editing sehingga dapat meningkatkan kualitas hasil rekaman. Penasaran apa saja aplikasi record tersebut? Berikut beberapa aplikasi record layar PC terbaik serta gratis tersebut.

Aplikasi Record PC yang Terbaik

  1. OBS Studio

OBS atau Open Broadcaster Software adalah software yang memiliki sifat open source serta multi platform. Sifat inilah yang menjadikan aplikasi ini bebas dipakai pada berbagai sistem operasi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa dipakai oleh siapa saja secara gratis. Dengan tampilan yang sederhana, menjadikan aplikasi ini semakin disukai oleh Youtuber.

Aplikasi record ini juga memiliki berbagai pilihan filter video, mendukung untuk live streaming dan tersedia menu tema yang bisa diganti.

  1. Atomi Active

Aplikasi record satu ini mempunyai desain minimalis dan bisa dipakai untuk merekam PC dengan resolusi tinggi. Bahkan aplikasi ini juga bisa dipakai untuk merekam layar secara penuh atau bisa juga hanya bagian tertentu dari PC tersebut. Bagi Anda yang ingin membuat video berdurasi lama, maka aplikasi Atomi Active adalah pilihan yang tepat.

Supaya hasil rekaman tampak lebih menarik serta rapi, Anda dapat mengedit video tersebut memakai fitur edit video dalam aplikasi ini. Atomi Active juga mempunyai beberapa kelebihan lain yaitu hasil video tanpa watermark, tersedia fitur editing video dan format beragam. Namun aplikasi ini tidak memiliki fitur untuk mengupload langsung ke facebook atau Youtube.

  1. Screenpresso

Screenpresso mempunyai dua versi yakni yang gratis dan berbayar. Aplikasi ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya bisa merekam webcam dan audio secara bersamaan menggunakan layar PC. Selain itu, aplikasi ini bisa dipakai untuk keperluan komersial, hasil outputnya tidak berat, adanya fitur Quick Access dan fitur share ke media sosial.

  1. Icecream Screen Recorder PC

Aplikasi record PC satu ini bisa dipakai untuk merekam webinar ketika sedang berlangsung. Icecream Screen Recorder PC juga bisa dipakai untuk merekam game play maupun video call. Aplikasi ini mempunyai user interface yang mudah dipahami sehingga banyak dipilih untuk membuat video.

Selain beberapa keunggulan tersebut, aplikasi record ini juga memiliki konfigurasi shorcut pada Stop, Record dan Pause, bisa dipakai merekam video dan audio secara bersamaan serta memiliki history project. Tetapi aplikasi ini menyediakan fitur editing video yang terbatas untuk versi gratisnya. Fitur lebih lengkap bisa diperoleh dengan aplikasi berbayarnya.

  1. Windows 10 Game Bar

Aplikasi satu ini adalah bawaan dari Windows 10 dan bisa Anda jalankan cukup dengan menekan tombol windows + G. Windows 10 Game Bar memiliki fitur game drv sehingga memungkinkan Anda dapat merekam layar PC secara lebih smooth agar hasil video lebih berkualitas.

Meski hasil rekaman lebih berkualitas dan bagus, tetapi ukurannya juga tidak begitu besar sehingga tidak sulit untuk disimpan dalam perangkat PC Anda.

  1. WM Capture

Aplikasi record komputer ini dipakai untuk merekam layar PC tanpa terkena watermark di videonya. Selain itu, WM Capture memudahkan Anda memilih kapan ingin mulai merekam karena terdapat fitur schedule recording. Anda juga dapat merekam pada bagian tertentu layar komputer.

Sebagai aplikasi record terbaik untuk PC, aplikasi ini mempunyai beberapa pilihan format output beragam seperti WMV, MPEG, DVD-ISO dan AVI.

  1. DXtory

Jika Anda mencari aplikasi record untuk PC yang ringan, tampilan serta pengaturan yang gampang dipahami, maka DXtory adalah jawabannya. Aplikasi ini mempunyai beberapa keunggulan lainnya, seperti bisa merekam dengan kualitas tinggi sehingga bisa bermanfaat untuk beragam keperluan.

DXtory memiliki ukuran yang cukup ringan tidak mencapai 10 MB sehingga tidak memberatkan kinerja PC Anda. Aplikasi ini juga sangat responsif, bisa record data dengan surface memory buffer yang tidak membutuhkan kinerja RAM yang besar dan hasil rekamannya baik tanpa perlu kompress.

  1. XSplit Gamecaster

XSplit Gamecaster bisa merekam streaming dengan hebat serta mampu menayangkan beragam streaming yang Anda lakukan secara stabil tanpa hambatan. Cara menggunakan aplikasi ini sangat praktis karena hanya memakai satu tombol saja untuk memulai rekaman. XSplit Gamecaster juga dapat berjalan menyesuaikan konfigurasi setiap PC atau laptop.

  1. Action!

Action! adalah aplikasi yang bisa melakukan streaming secara real time serta merekam video yang beragam dengan kualitas HD. Aplikasi record ini juga menyajikan beragam jenis fitur menarik untuk record sebuah video. Kualitas audio yang dihasilkan terasa sempurna sehingga rekaman yang dihasilkan sangat memuaskan.

Aplikasi Action! bisa juga dipakai untuk screenshot berkecepatan tinggi pada PC atau laptop yang sangat menunjang bagi aktivitas merekam tutorial. Sesudah aktivitas layar terekam, video yang dihasilkan akan berformat AVI dan MP4.

  1. TinyTake

TinyTake merupakan aplikasi untuk merekam layar PC yang cocok dipakai bagi Anda yang mempunyai kesibukan, hobi serta rutinitas pembuatan video rekaman menggunakan layar PC. Melalui aplikasi satu ini, Anda bebas menuangkan segala kreativitas untuk menciptakan video menarik sebagai konten Youtube maupun sosial media lainnya.

Aplikasi record ini mampu merekam layar serta webcame dengan bersamaan. Tetapi aplikasi ini termasuk aplikasi yang berbayar. Anda masih bisa menikmati fitur gratis dari aplikasi ini untuk mereka layar dengan durasi waktu hanya 5 menit. Video yang dihasilkan juga tidak berwatermark dan resolusinya juga tinggi sehingga lebih memuaskan.

  1. CamStudio

Anda bisa merekam PC dengan resolusi dan kualitas bagus dengan memakai aplikasi CamStudio. Keunikan yang dimiliki aplikasi satu ini yaitu kemampuan mengubah hasil record dari format AV menjadi SWF sehingga dapat dipakai untuk beragam jenis kebutuhan website. Selain itu, CamStudio juga mampu merekam beberapa gambar dalam satu rekaman.

  1. Movavi Screen Recorder Studio

Movavi Screen Recorder Studio menyediakan berbagai fitur merekam video sekaligus pengeditannya. Aplikasi record ini memungkinkan Anda merekam layar PC atau laptop secara penuh atau sebagian lalu mengedit hasil rekaman tersebut karena adanya fitur crop, trim, flip, penambahan filter serta watermark.

Screenshot layar juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi ini kemudian simpan hasilnya sebagai file. Tidak hanya dipakai merekam layar, aplikasi Movavi Screen Recorder Studio bisa Anda pakai untuk merekam video bersama webcame secara bersamaan atau terpisah. Aplikasi record ini menyediakan fitur merekam audio memakai mikrofon.

Movavi Screen Recorder Studio terdapat pada Mac dan Windows yang bisa Anda unduh gratis. Anda bisa mencoba free trial untuk mengetahui aplikasi ini cocok atau tidak dengan kebutuhan pembuatan video Anda.

Hadirnya berbagai aplikasi record PC dengan fitur-fitur terbaiknya, memang terbukti mampu memudahkan Anda dalam membuat berbagai jenis video. Sebelumnya Anda harus memahami cara menggunakan masing-masing aplikasi tersebut supaya hasil rekamannya berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan konten.

Fihit Li
Bagikan artikel ini jika bermanfaat

Tulis komentar...

Scroll to top