7+ Aplikasi Edit Video di HP dan PC Terbaik 2021

aplikasi edit video pc android

Jika Anda adalah seorang content creator, maka tidak perlu bingung mencari aplikasi editor video terbaik. Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dalam hal editing video. Tidak hanya content creator saja yang membutuhkan aplikasi ini, semua orang yang bekerja atau hanya sekedar keinginan untuk mengedit video pun bisa menggunakan aplikasi yang direkomendasikan.

Aplikasi mengedit video yang ringan dan mumpuni sangat dibutuhkan untuk menunjang kegiatan mengedit, sehingga dapat menghasilkan video yang menarik dan bagus. Tidak hanya itu saja, Anda pun perlu mengetahui kemampuan hp atau PC milik Anda dalam mengedit video. Di bawah akan diuraikan aplikasi-aplikasinya mulai dari untuk pemula, ringan untuk perangkat, hingga yang terbaik.

Daftar Aplikasi Editor Video PC dan HP Terbaik

1. Inshot: Editor Video Gratis

Aplikasi Inshot merupakan aplikasi yang diperuntukkan kepada Android user. Aplikasi ini juga sangat cocok untuk para content creator atau para YouTuber. Inshot dapat digunakan untuk menggabungkan dan memotong beberapa video. Selain itu, Inshot juga bisa menambahkan musik, quotes, filter, stiker, dan sebagainya. Anda pun dapat membuat sebuah video TikTok dan Instagram.

Terdapat fitur split di dalam aplikasi Inshot, yang dipakai untuk melakukan split video menjadi dua bagian. Hasil mengedit menggunakan Inshot bisa disimpan dan diekspor ke dalam kualitas HD. Di dalam aplikasi ini, Anda bisa melakukan banyak hal misalnya seperti mengontrol volume lagu dalam video sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. VideoShow: Editor Video dengan Musik

Fitur lengkap untuk mengedit video ada di dalam aplikasi VideoShow. Tidak hanya mengedit video saja, Anda juga dapat membuat meme, menambahkan efek suara, stiker, dan sebagainya. Semua kebutuhan mengedit video lainnya seperti ulang tahun, pernikahan atau valentine pun menggunakan VideoShow ini. Kelebihan VideoShow misalnya seperti bisa mengkompress video berukuran kecil.

3. VivaVideo: Video Editor & Maker

VivaVideo menjadi salah satu aplikasi dengan jumlah download terbanyak di dunia. Bagi Anda yang masih pemula di dalam hal dunia editing video, maka aplikasi ini sangat direkomendasikan. Hal itu dikarenakan VivaVideo merupakan aplikasi yang sangat mudah cara menggunakannya. Setelah mengedit video menggunakan hp, Anda dapat membagikannya ke seluruh platform sosial media.

Anda dapat langsung membagikan video Anda ke YouTube, Instagram, Twitter, dan sebagainya. Selain memberi kemudahan untuk para penggunanya, VivaVideo juga mempunyai fitur-fitur yang juga tersedia pada aplikasi editing video lainnya. Anda tidak perlu takut jika susah memahami cara penggunaannya, karena VivaVideo memberi kemudahan untuk para penggunanya.

4. KineMaster: Video Editor

KineMaster Pro merupakan aplikasi editor video yang direkomendasikan paling banyak oleh para editor profesional. Meskipun untuk editor yang sudah profesional, Anda sebagai pemula dalam dunia editing video tidak perlu khawatir. Aplikasi ini mempunyai tampilan landscape yang akan memberi kemudahan Anda. Hasil video tanpa watermark juga bisa Anda dapatkan.

Di dalam KineMAster terdapat sebuah fitur yang bernama Multiple Layers. Fitur tersebut akan memberi kemudahan Anda untuk menambahkan grafik, efek, audio, dan sebagainya. Menariknya lagi, Anda dapat melakukan perubahan terhadap latar belakang menjadi wallpaper menarik dan unik menggunakan fitur Chroma Key. Hasil video Anda akan menjadi lebih menarik dengan KineMAster.

5. PowerDirector: Video Editor & Video Maker

PowerDirector termasuk ke dalam aplikasi mengedit video yang mempunyai tampilan landscape pada layar HP Anda. Cara penggunaan dan tampilan aplikasi ini hampir sama dengan KineMaster Pro. Tampilan yang berorientasi landscape ini dapat memudahkan Anda untuk mengatur transisi dan urutan video. Hal lainnya yaitu penambahan efek bisa Anda lakukan secara real time.

Fitur Chroma Key juga dimiliki oleh PowerDirector. Fungsi fitur tersebut yaitu Anda dapat mengubah background hijau menjadi lebih menarik lagi. Fitur menarik lainnya yang ditawarkan untuk Anda adalah Voice Over, yang dapat merekam suara dan memasukkannya langsung ke dalam video. Anda dapat menyimpan video sampai dengan format 4K, namun Anda harus membayar dahulu.

6. Movie Maker: Video Editor Gratis PC & Laptop

Aplikasi editing video yang selanjutnya direkomendasikan untuk Anda adalah Movie Maker. Aplikasi ini dipakai untuk para pengguna PC berbasis windows secara gratis. Interface yang sederhana di dalam aplikasi ini membuat kemudahan bagi Anda ketika menggunakannya. Aplikasi Movie Maker sangat cocok untuk para pemula dan fitur di dalamnya juga sangat menarik.

7. VirtualDub: Video Editor & Capture

VirtualDub dapat dijadikan opsi yang tepat ketika Anda mencari aplikasi editor video ringan dan gratis. Pengguna Windows PC bisa mengunduh aplikasi ini. hal lain yang perlu Anda ketahui adalah VirtualDub termasuk kategori aplikasi yang tidak ribet dan sangat simple. Anda bisa mengganti atau menghapus, serta merekam layar PC saat mengedit video menggunakan VirtualDub.

8. OpenShot: Video Editor Gratis

Fitur-fitur beragam yang gratis ditawarkan di dalam aplikasi editing video bernama OpenShot. Anda dapat memilih efek animasi untuk membuat video Anda lebih menarik menggunakan fitur curve-based key frame animation. Segala pengguna sistem operasi PC dapat menggunakan aplikasi ini, baik Linux, Windows maupun Mac. Anda yang masih pemula pun dapat menggunakan aplikasi ini.

9. Sony Vegas Pro: Video & Audio Editor untuk Profesional

Sony Vegas Pro menyediakan fitur yang cukup kompleks untuk mengedit video, sehingga bisa dibilang aplikasi ini diperuntukkan bagi orang yang sudah mempunyai keahlian mengedit. Apabila Anda tidak asing dengan berbagai hal yang berkaitan dengan mengedit video, pasti Anda akan membuat hasil video Anda menjadi menarik dan terlihat sangat keren.

Meskipun untuk orang-orang yang sudah profesional, Sony Vegas Pro mempunyai tampilan yang sederhana dan tentunya Anda akan mudah memahami cara penggunaannya. Pada aplikasi ini dibagi menjadi 2 kolom untuk mengedit, yaitu kolom video dan sound. Fitur animasi juga sudah tersedia di dalam aplikasi ini. Sayangnya, Anda harus mempunyai lisensi untuk menggunakan aplikasi ini.

10. Adobe Premiere Pro: Video Editing Software

Adobe sendiri merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak yang besar. Salah satu aplikasi mengedit video populer yang dimiliki perusahaan ini adalah Adobe Premiere Pro. Kemampuan aplikasi ini sudah tidak perlu diragukan lagi untuk mengedit video. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya pun bisa dikatakan cukup lengkap. Bahkan mampu mengedit video hingga beresolusi 4K.

Codec yang sudah lengkap pada Adobe Premiere Pro ini membuatnya mendukung segala macam format video. Tampilan pada aplikasi Adobe Premiere Pro ini juga sangat keren. Anda bisa memberikan berbagai macam efek dan lainnya menggunakan aplikasi ini. Anda yang masih awam dan pemula dalam pengeditan video tampaknya harus belajar bagaimana cara mengoperasikannya.

Hal itu dikarenakan aplikasi ini mempunyai tingkat pengoperasian yang cukup rumit. Anda juga perlu memastikan bahwa di laptop atau komputer Anda memiliki spesifikasi yang tinggi ketika hendak menggunakan Adobe Premiere Pro. Apabila spesifikasi perangkat Anda tidak mendukung, maka aplikasi tidak akan dapat bekerja dengan baik dan terasa sangat berat pada perangkat Anda.

Aplikasi editor video baik untuk HP atau PC banyak yang menawarkan kemudahan para penggunanya pada saat ini. Sudah banyak aplikasi untuk para pemula hingga profesional. Sebagai pemula, Anda disarankan memakai aplikasi seperti InShot dan VivaVideo jika menggunakan HP. Sedangkan para pengguna PC disarankan memilih VirtualDub dan Movie Maker.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)
5+ Aplikasi Booking Hotel Murah Untuk Anda Pecinta Traveling
Cara Mendapatkan Uang dari Internet Untuk Pemula