Aplikasi Akuntansi Gratis yang Bisa Anda Coba

aplikasi akuntasi keuangan gratis

Aplikasi akuntansi gratis sudah tersedia banyak di internet pada saat ini, sayangnya tidak banyak yang menyediakan fitur mumpuni ketika digunakan. Apalagi masih ada saja aplikasi yang belum sempurna. Para pemilik usaha yang menjadi salah satu pengguna aplikasi akuntansi tersebut sebaiknya selalu berhati-hati, karena Anda memerlukan aplikasi yang tepat agar hitungannya akurat.

Rekomendasi Aplikasi Akuntansi Gratis

1. Kledo

Daripada menggunakan Excel untuk menghitung laporan keuangan, Anda bisa menjadikan Kledo sebagai pilihan terbaik untuk melakukan semuanya. Aplikasi Kledo menyediakan fitur-fitur akuntansi untuk memenuhi kebutuhan. Anda bisa mencatat pemasukan, pengeluaran serta membuat laporan keuangan bisnis. Anda tidak akan mengalami kesusahan, karena sangat mudah digunakan.

Kledo mempunyai fitur-fitur sebagai berikut:

2. Full Cycle Business Process

Fitur yang bisa disingkat FCBP ini adalah fitur yang berisi berbagai hal yang diperlukan di dalam bisnis Anda, bisa juga digunakan untuk UKM. Anda bisa mencatat utang piutang, pemasukan dan pengeluaran, purchasing, pembuatan invoice, rekonsiliasi bank dilengkapi data-data mutasi.

3. Access Everywhere

Anda dapat memantau performa usaha milik Anda dengan bantuan fitur Access Everywhere ini. hal itu bisa dilakukan tanpa batasan waktu dan tempat. Sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang masalah keuangan.

4. Zero Setup

Anda dapat memakai aplikasi ini langsung dari aplikasi Kledo. Jika belum mempunyai pengalaman dalam hal laporan keuangan, maka Anda bisa memilih Kledo agar bisa dibantu mengatasi permasalahan keuangan.

5. Powerfull Statistics

Anda bisa membuat dan memilih tampilan statistik Anda menjadi sebuah grafik yang lebih menarik dan tampilan yang cantik.

6. GNUCash

Aplikasi GNUCash adalah salah satu aplikasi akuntansi yang telah populer dan banyak digunakan orang-orang. Anda perlu tahu bahwa aplikasi ini memang didesain untuk para usaha kecil menengah (UKM). Program yang tersedia dalam aplikasi ini terbilang lengkap, ada fitur receivables, akun investasi, account invoicing, depresiasi nilai, account payables, pinjaman, tax table dan akun kredit.

Apabila modul yang Anda inginkan tidak ada, Anda bisa membuatnya dengan cara manual. Cara tersebut yaitu dengan mengentri variabel sesuai dengan kebutuhan. Modul tidak tersedia yang bisa ditambahkan contohnya seperti payroll. Fitur-fitur yang tersedia di aplikasi ini dapat Anda gunakan mengatasi masalah akuntansi pada usaha yang dibuka. Pasrahkanlah hal itu ke GNUCash.

Selain hal yang sudah disebutkan di atas, GNU membantu Anda melakukan pelacakan rekening bank, beban, pendapatan dan bahkan saham. Apalagi ditambah adanya fitur double entry accounting. Fitur tersebut membantu Anda dengan mudah dapat menemukan dan mendeteksi sumber kesalahan.

GNUCAsh ini berprinsip dasar berupa akuntansi profesional. Prinsip tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan neraca pembayaran. Hal lain yang bisa Anda dapatkan adalah semakin akuratnya laporan keuangan terhadap usaha Anda.

7. SQL LEader

Entri ganda adalah sistem akuntansi yang dipakai pada aplikasi SQL Leader. Toko-toko biasanya menggunakan ini untuk kebutuhan check printing, inventory control, point of sales, multi location, multi user, purchase orders dan packing list. Anda dapat memantau keuangan toko atau usaha di mana saja, meskipun berada di tempat jauh sekalipun. Aplikasi ini cocok digunakan untuk PC.

SWL tersedia dalam 2 versi, yaitu gratis dan berbayar. Versi gratis saja sebenarnya sudah cukup untuk kebutuhan ukm, karena tersedia fitur yang cukup lengkap dan bagus. Namun apabila toko atau usaha Anda membutuhkan fitur-fitur tambahan seperti label printing, barcode, invoice consolidation, dan sebagainya maka bisa memilih versi yang berbayar. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. GnuCash

GnuCash mempunyai tampilan yang terlihat oldschool. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, tampilan tidak akan berpengaruh pada pada fitur yang disediakan. GnuCash menyediakan cukup lengkap fitur gratis untuk Anda, misalnya seperti Laporan Keuangan, Arus Kas, dan sebagainya.

GnuCash secara bertahap memang fokus pada perkembangan usaha kecil dan menengah. Sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja merintis usahanya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan pada aplikasi ini. GnuCash akan sangat membantu Anda menyelesaikan laporan keuangan. GNUCash bisa menjadi alternatif terbaik.

9. Wave

Aplikasi Wave membantu Anda dalam melakukan hal-hal yang berhubungan dengan keuangan seperti pencatatan laporan akuntansi, mengirimkan invoice, sampai dengan pembuatan kwitansi yang dilakukans secara online. Anda juga bisa menscan kwitansi dengan bantuan aplikasi Wave. Tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini tersedia untuk iPhone dan Android.

Pengguna aplikasi wave sudah banyak sekali jumlahnya, bahkan bisa mencapai ratusan ribu orang. hal itu karena aplikasi Wave telah dipercaya oleh banyak orang, apalagi Anda dapat menggunakannya secara gratis. Tetapi apabila hendak menggunakan fitur pembayaran dan payroll, Anda perlu membayar terlebih dahulu. Usaha Anda akan semakin lancar bantuan Wave.

10. SlickPie

SlickPie bisa Anda jadikan opsi dalam memilih aplikasi jika masih awam dengan aplikasi-aplikasi akuntansi. Tampilan pada SlickPie sangat mudah dipahami apalagi bagi para pemula. SlickPie termasuk aplikasi yang simple dan tidak ribet. Sehingga bisa diandalkan untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi Anda, dan menjadi pilihan yang tepat.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan SlickPie, karena aplikasi ini gratis. Sayangnya aplikasi ini tidak memakai bahasa Indonesia, melainkan bahasa asing. Jika mencari aplikasi berbahasa Indonesia, Anda bisa memilih aplikasi yang lainnya.

11. Zipbooks

Zipbooks ternyata banyak digunakan para freelancers (pekerja lepas). Meskipun aplikasi gratis, namun fitur yang disediakan bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Jika Anda membutuhkan fitur seperti payroll, maka Anda perlu membayar terlebih dahulu. Anda bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat untuk mengelola keuangan usaha Anda.

Review tentang Zipbooks yang diberikan para penggunannya sangat baik sekali, karena ratingnya 5/5. Hal itu menunjukkan bahwa banyak pengguna yang sangat puas dan menyukai aplikasi ini. Tetapi aplikasi ini belum tersedia di Indonesia. Apabila penasaran dengan  fitur-fiturnya, Anda bisa mengunjungi website resmi Zipbooks.

12. Paper.id

Aplikasi Paper.id adalah pelopor dalam hal mengirimkan invoice secara online. Anda akan diberi kemudahan membuat laporan keuangan,  kuitansi, sampai dengan membantu Anda dalam mengelola stok produk Anda dengan Paper.id. Sampai saat ini, jumlah pelaku UMKM yang telah bergabung di Paper.id sudah mencapai 25 ribu. Anda juga bisa bergabung bersama yang lainnya.

Alasan kenapa Anda perlu memilih Paper.id adalah aplikasi ini berbasis di Indonesia, dan tidak akan php. Selain itu Anda bisa memperoleh pelatihan secara langsung. Apalagi Anda bisa memakai fitur-fitur tersedia secara gratis. Segera download dan install full version Paper.id untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola akuntansi usaha.

Sekarang keputusan memilih aplikasi akuntansi gratis ada di tangan Anda. Seperti yang sudah diuraikan di atas, Anda bisa menjadikan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai acuan atau referensi ketika menentukan pilihan. Yang perlu diingat adalah, kalau Anda bisa mendapatkan aplikasi yang gratis kenapa perlu mengeluarkan biaya? Padahal fungsi fitur hampir sama.

Komala Dewi
Tulisan terbaru dari Komala Dewi (see all)
Cara Download Scribd Gratis Tanpa Login
Perbedaan-Perbedaan Gojek dan Grab yang Harus Anda Ketahui